Makam Tan Malaka diminta dipindahkan ke Kalibata

Senin, 27 Januari 2014 - 12:54 WIB
Makam Tan Malaka diminta dipindahkan ke Kalibata
Makam Tan Malaka diminta dipindahkan ke Kalibata
A A A
Sindonews.com - Pemerintah diminta memindahkan Makam Tan Malaka ke Makam Pahlawan di Kalibata, Jakarta Selatan. Saat ini makam tokoh nasional itu ditemukan di sebuah desa kecil bernama Selo Panggung, Kecamatan Semen, Kediri.

Sejarawan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Asvi Warman Adam menyampaikan, sejak tahun 1963, Tan Malaka sudah resmi diangkat oleh Presiden RI, Soekarno sebagai pahlawan nasional. Bahkan sosok Tan Malaka dapat disandingkan dengan Presiden Soekarno di seluruh Indonesia.

"Sudah waktunya sisa jenazah Tan Malaka itu dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Kalibata," tegas Asvi di kediaman keluarga Tan Malaka, Jalan Keuangan I, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2014).

Selain itu, Asvi juga meminta pemerintah untuk mendirikan sebuah tugu di tempat penemuan makam Tan Malaka di Kediri itu. Hal ini untuk mengingatkan bahwa di sana telah dimakamkan seorang pahlawan nasional.

"Pemindahan ini merupakan semacam pengakuan bersalah dari Pemerintah Indonesia yang selama 30 tahun pemerintahan Orde Baru menghilangkan nama Tan Malaka dalam daftar pahlawan yang diajarkan di semua sekolah-sekolah," imbuhnya.

Berita:
Jenazah Tan Malaka ditemukan dalam kondisi terikat
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6790 seconds (0.1#10.140)