Jenazah Tan Malaka ditemukan dalam kondisi terikat

Senin, 27 Januari 2014 - 12:21 WIB
Jenazah Tan Malaka ditemukan...
Jenazah Tan Malaka ditemukan dalam kondisi terikat
A A A
Sindonews.com - Polemik keberadaan makam Tan Malaka akhirnya menemui titik terang. Makam tokoh nasional itu ditemukan di sebuah desa kecil bernama Selo Panggung, Kecamatan Semen, wilayah Kediri.

Penemuan makam ini merupakan berkat kerja keras tim pencari makam Tan Malaka yang dipelopori Zulfikar Kamarudin selaku keponakan Tan Malaka. Dalam prosesnya, tim ini juga dibantu beberapa sejumlah pihak, diantaranya almarhum Taufiq Kiemas, pengacara senior Adnan Buyung Nasution, dan Aulia Rahman.

"Sesuai dengan hasil temuan kami, terdapat beberapa kemiripan. Seperti ukuran tinggi badannya yang mencapai 163-165 cm, sampel gigi dan beberapa contoh lainnya," kata Zulfikar di kediamannya, Jalan Keuangan, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2014).

Dia mengungkapkan, bukti lain adalah ditemukannya jenazah Tan Malaka di dalam makam dalam keadaan tangan terikat ke belakang dalam posisi menghadap ke arah kiblat serta bekas tembakan dibagian kaki jenazah.

"Hasil ini sesuai dengan temuan dari Harry A Foezel yang telah meneliti keberadaan makam Tan Malaka sejak lama," ungkapnya.

Sampai saat ini, untuk memastikan jenazah tersebut tim pencari makam melakukan kecocokan melalui tes DNA antara jenazah Tan Malaka dengan jenazah keluarganya.

Namun, tim pencari makam Tan Malaka mengalami kesulitan karena hanya 0,2 persen DNA yang dapat diambil dari jenazah tersebut. Alasannya, jenazah yang berhasil ditemukan itu telah termakan oleh usia.
"Kami sudah membawa DNA tersebut ke Jakarta, Australia, Vietnam untuk mencocokkannya," jelasnya.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1332 seconds (0.1#10.140)