Perempuan HMI dukung perempuan di arena politik

Jum'at, 10 Januari 2014 - 15:19 WIB
Perempuan HMI dukung perempuan di arena politik
Perempuan HMI dukung perempuan di arena politik
A A A
Sindonews.com - Sejumlah perempuan dari organisasi perempuan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) atau Korps HMI Wati (Kohati) memberi dukungan kepada perempuan Indonesia untuk terjun ke arena politik pada Pemilu 2014 mendatang.

Kohati saat audiensi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan, perempuan Indonesia harus terus didukung bersaing dengan kaum pria dalam kancah politik. Apalagi, usia produktif pemuda jika dimaksimalkan akan mengubah paradigma politik lebih positif dan meningkatkan partisipasi publik dalam pemilu nanti.

Menurut Ketua Umum Kohati HMI Endah Cahya Immawati, sikap praktis dan realistis pemuda bisa berdampak pada sikap apatis terhadap pemilu. Karena itu, menurutnya, peran pemuda harus dilibatkan secara langsung dalam pelaksanaan pemilu.

"Kelompok pemuda ini mudah terseret kedalam arus golput karena pemilu dianggap tidak terkait dengan kepentingan praktis mereka," ujar Endah, saat audiensi dengan KPU, di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (10/1/2014).

Selain itu, lanjutnya, sikap apatisme pemuda termasuk perempuan terhadap proses politik (pemilu) bersumber dari sikap rasa kurang percaya terhadap pemerintahan yang cenderung abai terhadap kondisi masyarakatnya.

Endah mengatakan, pemerintah lewat kebijakan-kebijakannya justru menunjukkan citra buruk di mata publik. "Saat ini pemerintah dan potret politisi memiliki citra yang buruk dalam pengelolaan negara, terbukti dengan meningkatnya derajat kesenjangan kaya dan miskin, korupsi dan problematika yang semakin tinggi," paparnya.

Baca berita:
Perempuan punya ruang berpolitik sejak zaman Rasul
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4493 seconds (0.1#10.140)