IDI minta dokter BPJS dapat insentif tetap

Rabu, 08 Januari 2014 - 19:25 WIB
IDI minta dokter BPJS dapat insentif tetap
IDI minta dokter BPJS dapat insentif tetap
A A A
Sindonews.com - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengusulkan pemberian insentif tetap bagi dokter kontrak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), dan tenaga medis yang menangani pasien Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) kepada Pemerintah.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan, usul tersebut disampaikannya saat mengikuti rapat kabinet terbatas (Ratas), tentang masalah insentif dan nasib tenaga medis.



"Tadi kami minta ada tambahan terutama untuk layanan primer, ada insentif tetap bagi dokter dan tenaga kerja kesehatan lain," ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin, di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (8/1/2014).

IDI mengusulkan insentif tetap bagi dokter dan tenaga medis tersebut sebesar Rp2 juta, hingga Rp3 juta.



"Itu tetap. Kalau tadi kami menghitung, kami harapkan penghasilan per bulan Rp15 juta sampai Rp17 juta. Ketua BPJS Fahmi bahkan mengatakan, Rp15 juta sampai Rp21 juta," katanya.


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kata dia, memahami usulan dari pihaknya tersebut.

"Kami berharap dalam waktu tiga bulan. Bahkan tiga minggu ini sebetulnya regulasi pertemuan itu harus dibuat, dan kami lakukan evaluasi tiga bulan mendatang," tuturnya.

"Presiden memahami itu. Karena tidak semuanya mungkin dibebankan ke rumah sakit," tutur dia.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, bentuk insentif tetap itu melalui BPJS. "Ada dana dari pemerintah dan presiden sangat memahami itu, tentu akan dibuat regulasinya dalam waktu dekat," imbuhnya.


Pastikan insentif dokter, SBY minta aturan tambahan
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3736 seconds (0.1#10.140)