Pemenang lelang surat suara akan diumumkan besok

Selasa, 07 Januari 2014 - 15:32 WIB
Pemenang lelang surat suara akan diumumkan besok
Pemenang lelang surat suara akan diumumkan besok
A A A
Sindonews.com - Sebanyak 20 konsorsium dari 72 perusahaan percetakan surat suara untuk sementara, lolos kualifikasi sebagai peserta tender pengadaan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

Sebanyak 72 perusahaan tersebut masih bisa berkurang mengikuti ketentuan konsorsium. Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan membatasi konsorsium menjadi 15 konsorsium. Artinya, sebanyak 72 perusahaan itu bakal berguguran saat diumumkan pemenang tender.

Oleh karena itu, kini perusahaan yang sudah mendaftar kepada KPU sedang menunggu tahap evaluasi yang dilakukan tim tender dari internal KPU.

"Kalau tidak ada halangan, pada tanggal 8 Januari akan ditetapkan pemenang lelang untuk surat suara," kata Komisioner KPU, Arief Budiman, di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/1/2014).

Selain faktor kemampuan dan memiliki badan hukum yang sah, KPU juga mensyaratkan bagi peserta tender, memberikan penawaran tidak kurang dari 70 persen. Hal itu berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur soal ketentuan tender.

Selain pengadaan logistik surat suara, KPU juga tengah menetapkan kebutuhan logistik lain, seperti pengadaan tinta sidik jari. Pada tinta sidik jari, KPU menetapkan empat sistem paket.

"Awalnya yang mendaftar sebagai peserta lelang itu total 89 perusahaan. Tetapi sampai dengan batas akhir penawaran, yang memasukkan penawaran hanya 16 perusahaan," ujarnya.

Untuk tinta sidik jari, proses pemenang tender sudah ditetapkan pada 30 Desember 2013 lalu. Hanya saja, masih diberikan waktu sanggah bagi perusahaan yang belum pas dengan harga penawaran.

"Kalau tidak ada sanggah maka pemenang lelang sudah bisa menetapkan pekerjannya. Setelah kami berikan tanda tangan kontrak pekerjannya," tambahnya.

Dijadwalkan sebelumnya, KPU mestinya bakal mengumumkan pemenang tender pada 7 Januari 2014 ini. Tetapi, karena alasan teknis dan belum selesainya penawaran harga, KPU baru akan mengumumkan pemenang tender kebutuhan logistik surat suara Rabu, 8 Januari 2014.

Pasca libur Natal, KPU umumkan pemenang tender
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8807 seconds (0.1#10.140)