Selama pemilu, Kapolri tak mutasi personel

Selasa, 07 Januari 2014 - 15:16 WIB
Selama pemilu, Kapolri tak mutasi personel
Selama pemilu, Kapolri tak mutasi personel
A A A
Sindonews.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Sutarman berjanji, selama berlangsungnya Pemilihan Umum (Pemilu) 2014, pihaknya tidak akan melakukan mutasi kepada seluruh Kapolda, Kapolres maupun Kapolsek.

Pasalnya, jika ada mutasi yang dilakukan kepada Kapolda, Kapolres maupun Kapolsek, hal tersebut akan mengganggu jalannya proses persiapan pengamanan Pemilu 2014 yang akan berlangsung beberapa bulan lagi.

"Sedapat mungkin tidak dilakukan (mutasi)," kata Sutarman di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Polri, Jalan Tirtayasa, Jakarta Selatan, Selasa (7/1/2014).

Sutarman menegaskan, pihaknya telah merumuskan terkait dengan mutasi yang akan dilakukan kepada anggotanya yang sudah mulai memasuki masa pensiun. "Kita sudah tentukan deadline dan rumuskan, apakah Januari atau Februari, sehingga tidak ada mutasi sehabis pemilu," tegas Sutarman.

Kendati Kapolri sudah berjanji tidak akan melakukan mutasi kepada anggotanya selama pemilu berlangsung, namun hal tersebut dapat dikecualikan jika ada anggota Polri yang kedapatan melanggar aturan yang berlaku. "Kecuali (ada anggota) melakukan pelanggaran selama proses pemilu," ungkap Sutarman.

Selain itu, Sutarman mengatakan, jika ada Kapolda yang sudah memasuki masa pensiunnya, maka Kapolri juga akan melakukan mutasi kepada Kapolda tersebut, kendati prosesi pemilu sedang berlangsung. "Kecuali pensiun dan melakukan pelanggaran," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7201 seconds (0.1#10.140)