Rp20 T untuk bayar jaminan sosial rakyat miskin

Senin, 30 Desember 2013 - 22:00 WIB
Rp20 T untuk bayar jaminan sosial rakyat miskin
Rp20 T untuk bayar jaminan sosial rakyat miskin
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah mengalokasikan Rp19,93 triliun untuk menanggung pembayaran dana sistem jaminan sosial bagi 86,4 juta masyarakat yang tergolong sangat miskin, miskin dan rentan.

"Untuk APBN 2014 pemerintah dan DPR telah membahas dengan seksama serta telah dialokasikan Rp 19,93 triliun sudah siap. Yang untuk membayarkan 86,4 juta saudara kita yang tergolong sangat miskin, miskin dan rentan tadi. Uang itu untuk saudara-saudara kita berkategori itu," ujar SBY di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (30/12/2013).

Dia menjelaskan, konsep dasar sistem jaminan sosial adalah yang mampu membayar, sementara yang tidak mampu dibayarkan pemerintah.

Konsep dasar dari sistem jaminan sosial ini, kata dia, adalah asuransi untuk seluruh warga Negara Indonesia, dan bagi yang belum mampu akan ditanggung oleh pemerintah. Hal itu juga bermakna keadilan.

"Jaminan sosial nasional ini ditujukan untuk seluruh rakyat Indonesia, tidak terkecuali," ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, nantinya seluruh rakyat Indonesia akan berada dalam sistem ini dan mendapatkan bantuan serta pelayanan kesehatan, meskipun mencakup semua rakyat.

Namun untuk saat ini pemerintah memrioritaskan 86,4 juta masyarakat yang tergolong miskin.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6802 seconds (0.1#10.140)