KPU klaim pemilih pemula sebanyak 18 juta

Kamis, 26 Desember 2013 - 18:23 WIB
KPU klaim pemilih pemula sebanyak 18 juta
KPU klaim pemilih pemula sebanyak 18 juta
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengacu pada hasil klasifikasi jumlah pemilih yang sudah masuk dan terdokumentasi di data KPU, memprediksi pemilih pemula berjumlah sekira 18.334.458 pemilih.

Jumlah tersebut telah masuk sebagai warga negara yang telah berusia 17sampai 24 tahun. Dimana pada saat pencoblosan dimulai, pemilih itu sudah layak menggunakan hak pilihnya.

"Kami menghitungnya siapa saja yang berusia 17 tahun setelah 5 Juli 2009, atau pasca Pilpres (Pemilihan Presiden) 2009 diadakan hingga 9 April mendatang," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay kepada Wartawan, di Jakarta, Kamis (26/12/2013).

Menurut Hadar, jika pemilih tersebut nyata ada, maka dipastikan pemilih baru atau pemula, berada dikisaran 10 persen dan masuk di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Untuk menjaga dan memaksimalkan pemilih baru tersebut, KPU terus sosialisasi dengan sasaran usia produktif atau mereka yang berhak memilih.

Maka itu, pihak KPU mengaku akan melakukan sosialisasi dengan bermacam cara, termasuk menintensifkan informasi di media elektronik, dan media sosial. "Itu yang harus kita bantu," ujarnya.

Namun demikian, meskipun baru bisa mengikuti pemilu tahun depan, Hadar mensinyalir pemilih di usia tersebut pernah ikut pemilukada di derahnya masing-masing.

"Karena definisi baru memilih ini tidak hanya untuk pemuda, tetapi ada juga masyarakat yang memang seumur hidupnya mungkin belum pernah nyoblos dan di 2014 ingin memberikan hak suaranya," ucapnya.

Sehingga, kata Hadar, pemilih baru itu hanya bisa mengikuti pemilu pada saat usia masuk 17 tahun. Sementara, proses pemilukada yang masih berlangsung di berbagai daerah harus bisa diawasi oleh KPU daerah.

"Artinya mereka ada pengalaman, namun skalanya tetap bahwa pemilu nasional berbeda dengan pilkada," tutup Hadar.

KPU luncurkan Silog untuk Pemilu 2014
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9544 seconds (0.1#10.140)