Ini momen La Liga dari awal musim 2013-2014

Rabu, 25 Desember 2013 - 23:18 WIB
Ini momen La Liga dari awal musim 2013-2014
Ini momen La Liga dari awal musim 2013-2014
A A A
Sindonews.com - Sepanjang setengah musim 2013-2014 ini, La Liga Spanyol sudah memberikan banyak cerita emosional bagi para pecinta bola. Mulai dari pemecahan rekor bursa transfer hingga pergantian beberapa pelatih di tanah Spanyol. Kejadian pertama yang cukup mengagetkan adalah pengunduran diri Tito Vilanova dari kursi kepelatihan La Blaugrana.

Vilanova mengundurkan diri setelah harus kembali melakukan pengobatan untuk menyembuhkan kanker yang dideritanya setelah mempersembahkan gelar La Liga pertamanya sejak mengambil alih dari Josep 'Pep' Guardiola. Vilanova mampu tampil memukau bersama Barca di musim 2012-2013 dengan memastikan jawara dengan mengoleksi 100 poin dengan catatan 32 kali meraih kemenangan.

Barca selanjutnya menunjuk Gerardo 'Tata' Martino sebagai pengganti Vilanova. Pelatih berusia 50 tahun itu didatangkan dari Argentina setelah membawa klubnya Newell’s Old Boys menjadi kampiun di ajang Primer Division. Sebelumnya pada bulan Juni pada bursa transfer Barca juga memberikan kejutan usai mendatangkan pemain muda Brasil, Neymar da Silva Santos dengan durasi kontrak lima tahun hingga 2018.

Tidak mau kalah dengan rival abadi mereka, Real Madrid juga memberi kejutan. Namun bukannya kabar baik, klub berjuluk Los Blancos itu justru ditinggalkan pelatih mereka Jose Mourinho setelah kabarnya terlibat perseteruan dengan penggawa senior Madrid. Selanjutnya Carlo Ancelotti didapuk menjadi penerus pelatih asal Portugal itu.

Pelatih berusia 53 tahun itu akan menggantikan Jose Mourinho di Bernabeau setelah sebelumnya meninggalkan klubnya Paris Saint-Germain (PSG). Pergantian pelatih juga terjadi di kubu Valencia setelah Ernesto Valverde resmi mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Los Che setelah gagal membawa klubnya lolos ke Liga Champions.

Selanjutnya Miroslav Djukic dipercaya menjadi pelatih baru Valencia menggantikan Ernesto Valverde. Pada bulan September, Madrid kembali menggegerkan dunia usai memecahkan rekor transfer pemain termahal dunia dengan mendatangkan Gareth Bale dengan mahar mencapai 100 juta euro atau setara Rp 1,5 triliun.

Pemain berusia 23 tahun itu, menjadi rekan baru bagi Cristiano Ronaldo dkk sebagai pemain termahal setelah meneken kontrak kerja selama enam tahun dengan skuad Santiago Bernabeu. Di awal musim Barcelona tampil mendominasi dengan pelatih baru, sementara Madrid pada detik akhir bursa transfer musim panas lalu kembali harus ditinggal pilar penting mereka.

Secara mengejutkan Mesut Ozil memutuskan untuk bergabung dengan Arsenal, transfer ini kabarnya menjadi penjualan terbesar Madrid. Pada musim ini petaka sepertinya selalu mendekati Lionel Messi setelah sempat beberapa kali absen karena cedera hamstring. Selain itu kasus pajak juga menyerang Lionel Messi setelah dituding tidak taat melakukan pembayaran pajak penghasilan.

Puncaknya pada bulan Desember, La Liga dipastikan tidak diisi aksi Lionel Messi setelah sang bintang memilih pulang kampung ke Argentina untuk menjalani pengobatan. Pada bulan ini dua penggawa terbaik La Liga yang juga mempunyai rivalitas yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo masuh dalam tiga kandidat utama peraih Ballon d'Or, bersama Franck Ribery.

Di Desember juga diwarnai pelatih yang kembali kehilangan pekerjaannya, yakni Pepe Mel setelah mengangkat Real Betis dari juru kunci La Liga. Betis kemudian menunjuk Juan Carlos Garrido yang setuju untuk mengambil tongkat estafet kepelatihan tim tersebut.
(akr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3546 seconds (0.1#10.140)