Rayakan Natal, gereja di Cirebon dipasangi CCTV

Rabu, 25 Desember 2013 - 10:23 WIB
Rayakan Natal, gereja...
Rayakan Natal, gereja di Cirebon dipasangi CCTV
A A A
Sindonews.com - Sejumlah gereja di Kota Cirebon melengkapi diri dengan CCTV sebagai bentuk pengamanan perayaan ibadah Natal yang akan dilaksanakan ribuan umat Kristiani.

Selain CCTV, perayaan Natal pun mendapat pengamanan ketat dari aparat kepolisian. CCTV sendiri pengurus gereja di sejumlah titik vital yang memungkinkan memantau seluruh orang saat berkegiatan di sekitar gereja.

“Ruang ibadah, pintu masuk gereja, dan ruangan lain sudah kami pasangi CCTV,” tutur salah satu panitia natal Gereja Sidang Pantekosta Di Indonesia (GSPDI) Cirebon, Jimmy Sampurno, kemarin di sela sterilisasi gereja oleh aparat Polres Cirebon Kota.

Untuk meningkatkan kenyamanan umat dalam merayakan ibadah Natal, pihaknya sendiri telah membentuk kepanitiaan bersama aktivis gereja lain. Di luar itu, pihak gereja pun kembali berkoordinasi dengan kepolisian untuk menciptakan Natal yang nyaman dan aman. Koordinasi itu bahkan dikatakan dia rutin dilakukan setiap tahun.

Panitia Natal lain di Gereja Katolik Santo Yosep Cirebon, Bambang juga menyatakan telah melengkapi gereja dengan sekitar 20 CCTV. Dia pun mengimbau umat untuk tak membawa barang-barang secara berlebihan maupun tas besar.

“Ibadah malam Natal yang kami laksanakan mulai sore hingga malam. Sebelum masuk gereja seluruh barang bawaan umat diperiksa untuk keamanan,” ungkap dia.

Sementara itu, seperti tahun-tahun sebelumnya perayaan ibadah Natal kali ini pun mendapat pengamanan ketat aparat kepolisian. Satu unit tim penjinak bom (jibom) kemarin diterjunkan untuk melakukan sterilisasi sejumlah gereja di Kota Cirebon.

Setiap sudut yang dicurigai menjadi tempat untuk menyembunyikan bahan peledak, seperti tempat parkir, ruang utama ibadah, gudang, hingga bagian bawah kursi dan lainnya, disisir tim jibom. Polisi juga meningkatkan komunikasi dengan panitia maupun pengurus gereja untuk optimalisasi upaya pengamanan.

Kapolres Cirebon Kota AKBP Dani Kustoni meyakinkan, penyisiran tersebut merupakan tindakan antisipasi serta peningkatan keamanan. Tujuannya tak lain memastikan umat Kristiani melaksanakan ibadah dan merayakan Natal dengan aman dan nyaman.

“Semua bagian di gereja kami periksa untuk mencegah hal tak diinginkan. Benda-benda yang mencurigakan tanpa pemilik pun kami periksa,” tegas dia.

Kabag Humas Polres Cirebon Kota AKP Yana Mulyana menambahkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari protap dalam Operasi Lilin Lodaya 2013 yag setiap tahun digelar. Kepolisian pun berjanji akan mengawal ibadah Natal dari awal hingga akhir sampai perayan pergantian tahun.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1915 seconds (0.1#10.140)