7 tokoh diprediksi jadi lumbung suara parpol

Senin, 23 Desember 2013 - 16:00 WIB
7 tokoh diprediksi jadi lumbung suara parpol
7 tokoh diprediksi jadi lumbung suara parpol
A A A
Sindonews.com - Figur masih menjadi salah satu sumber suara partai politik (parpol), hal itu berdasarkan hasil survei yang dikeluarkan Charta Politik.

Dalam survei itu, sejumlah tokoh berhasil menjadi magnet electoral partainya, termasuk Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Wiranto.

Dari temuan lembaga survei tersebut, didapatkan 42 persen pemilih Hanura yang mengaku memilih partai tersebut, karena tertarik dengan Wiranto.

"Survei ini kami lakukan pada 28 November hingga 6 Desember 2013 melalui wawancara tatap muka (face to face interview)," kata Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya dalam pemaparan hasil surveinya di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/12/2013).

Tokoh-tokoh lain yang bisa menjadi magnet electoral partainya antara lain, Joko Widodo (Jokowi), Prabowo Subianto, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Amien Rais, Surya Paloh dan Sutiyoso.

Temuan lain dalam penelitian itu ialah, beberapa partai yang pemilihnya bukan berdasarkan figur. "29 persen pemilih Golkar mengaku memilih Golkar karena sudah terbiasa memilih," terangnya.

Lanjut dia, kesimpulan yang juga didapatkan dari survei tersebut ialah tidak adanya figur dari partai berbasis massa Islam yang mampu menjadi magnet electoral. "Kesimpulan lainnya yang bisa kami temukan adalah, ada empat partai Islam yang tidak memiliki tokoh sebagai magnet electoral (krisis figur)," pungkasnya.

Partisipasi Pemilu 2014 diprediksi tinggi
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1451 seconds (0.1#10.140)