BPBD waspadai sembilan titik bencana di Jabar

Selasa, 17 Desember 2013 - 16:19 WIB
BPBD waspadai sembilan titik bencana di Jabar
BPBD waspadai sembilan titik bencana di Jabar
A A A
Sindonews.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat (Jabar), telah memetakan beberapa wilayah kota dan kabupaten yang rawan mengalami bencana saat Natal dan Tahun Baru 2014 nanti.

Kabid Pencegahan dan Kesiap Siagaan BPBD Jabar Dadang Ronda menjelaskan, disaat cuaca ekstrim seperti ini, ada beberapa wilayah yang rawan bencana longsong dan banjir.

"Ada sembilan wilayah yang rawan longsong, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Subang, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Sumedang," bebernya kepada wartawan di Mapolda Jabar, Selasa (17/12/2013).

Selain sembilan wilayah rawan longsor, tiga daerah seperti Kabupaten Bandung, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang juga terindikasi rawan banjir.

Dengan pemetaan lokasi rawan itu, pihaknya selalu berkoordinasi dengan BPBD daerah, dan kepala daerah agar bisa memperingati masyarakat supaya terhindar dari bencana.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan Kapolsek, Danramil dan para camat agar masyarakat selalu waspada. Kami juga sudah siapkan beberapa perahu, dan alat berat untuk proses evakuasi. Kami juga sudah sedia 1.000 kantung mayat yang siap digunakan jika diperlukan," jelasnya.

Selain bencana di sejumlah wilayah, pihaknya juga sudah menyiapkan anggotanya di lokasi wisata untuk mengantisipasi adanya bencana, atau kerusuhan saat Natal dan Tahun baru.

"Jadi nantinya kami siap, untuk melakukan evakuasi dan titik kumpulnya," tutupnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8270 seconds (0.1#10.140)