SBY puji kepemimpinan JK di PMI

Selasa, 17 Desember 2013 - 14:29 WIB
SBY puji kepemimpinan JK di PMI
SBY puji kepemimpinan JK di PMI
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengingatkan masyarakat untuk tidak sekali-kali mengorupsi darah Palang Merah Indonesia (PMI).

"Amit-amit jangan ada korupsi darah, karena dosanya akan sangat sulit diampuni oleh Tuhan," pesan Presiden SBY dalam pidatonya usai penganugerahan tanda kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial untuk pendonor darah 100 kali di Hotel Sahid, jakarta, Selasa (17/12/2013), dikutip laman setkab.go.id.

Penghargaan dianugerahkan SBY kepada 21 orang mewakili lebih dari 950 orang pendonor darah dari 21 provinsi. Jawa Timur menempati urutan teratas dengan lebih dari 400 pendonor darah 100 kali, disusul DKI Jakarta dengan sekitar 100 orang.

Menurut SBY, pendonor darah merupakan pahlawan kemanusiaan. "Give blood gift live, darah merupakan hadiah yang paling berarti bagi kehidupan. Sekantong darah dapat menyelamatkan satu jiwa manusia," kata SBY.

Kepada Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK), SBY mengucapkan terima kasih dan penghargaan atas kiprah nyatanya memimpin PMI. "Pak JK secara proaktif telah bekerja secara nyata, bukan hanya wacana, selalu ada di setiap bencana.. Setiap kali saya ke daerah bencana, yang saya temui pertama kali pasti PMI selain TNI dan Polri," kata SBY.

SBY juga memuji mantan Wakilnya itu, karena peran PMI terus meningkat baik di dalam maupun di luar negeri. SBY menyampaikan terima kasih kepada PMI yang telah turut membantu korban bencana topan Haiyan yang menerjang Filipina November lalu.

"Bangsa Indonesia bangga. Saya juga berterima kasih atas upaya Pak JK memimpin PMI ini menyelamatkan jiwa, dan membantu masyarakat yang sedang mengalami masalah seperti yang kita jumpai di derah-daerah bencana," kata Presiden.

Stok darah nasional, kata Presiden, terus meningkat. Persediaan darah di berbagai daerah yang sebelumnya minim hanya 20 kantong seperti Medan dan Manado sekarang ada peningkatan stok darah untuk lima hari (sekitar 500 kantong).

Dalam tiga tahun terakhir PMI secara nasional mengalami peningkatan stok darah yang berasal dari para pendonor kurang lebih 50 persen dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

JK lepas tim kemanusiaan ke Filipina
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5345 seconds (0.1#10.140)