Wakapolri: Mana ada polisi seperti Pak Hoegeng

Rabu, 11 Desember 2013 - 18:45 WIB
Wakapolri: Mana ada polisi seperti Pak Hoegeng
Wakapolri: Mana ada polisi seperti Pak Hoegeng
A A A
Sindonews.com - Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komjen Pol Oegroseno mengatakan, aura kepemimpinan sangat mempengaruhi seseorang dalam mencegah tindak pidana korupsi. Jika pemimpinnya berperangai buruk, maka hal itu akan menular ke bawahannya.

"Aura kepemimpinan berpengaruh. Kalau pemimpin di polisi seperti kapolda & kapolres mencari uang, nanti anak buahnya lebih gila. Terus penjahatnya lebih gila lagi," kata Oegro saat diskusi bedah buku berjudul 'Hoegeng: Polisi dan Menteri Teladan' di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2013).

Menurut Oegro, saat ini jarang ada anggota Polri yang memiliki keteladanan seperti mantan Kapolri Jenderal Hoegeng Iman Santoso. Oegro menilai, Hoegeng adalah sosok yang wajib untuk ditiru oleh seluruh anggota Polri.

"Mana ada yang sama dengan Pak Hoegeng. Mungkin baru 20 atau 25 persen itu. Tapi ada lah sedikit-sedikit," tegas Oegro.

Oegro pun sempat bercerita ketika dirinya menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara. Pada saat Oegro menjadi orang nomor satu di Sumatera Utara, tidak ada kejahatan yang menonjol di wilayahnya.

"Saya waktu itu Kapolda Sumut, mau ke ATM naik sepeda, enggak ada tuh (kejahatan). Mungkin penjahatnya mikir, Kapoldanya baik jadi mereka berpikir 'mari kita berbuat di Riau atau Padang', itu yang saya rasakan," pungkas Oegro.

Baca berita:
Wakapolri bantah berkonflik dengan Sutarman
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7186 seconds (0.1#10.140)