Mahasiswa Indonesia berpeluang double degree di Jepang

Rabu, 04 Desember 2013 - 17:08 WIB
Mahasiswa Indonesia berpeluang double degree di Jepang
Mahasiswa Indonesia berpeluang double degree di Jepang
A A A
Sindonews.com - Mahasiswa Program Pascasarjana (PPs) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Fakultas Ilmu Manajemen, Konsentrasi Manajemen Sistem Informasi berpeluang mengambil double degree pada Universitas Waseda Jepang.

Dalam Konferensi Persnya kemarin, Direktur PPs UMI H Basri Modding yang didampingi Rektor UMI Masrurah Mochtar serta sejumlah pimpinan UMI menyebutkan, pihaknya resmi mengumumkan hal tersebut, setelah mereka melakukan penandatanganan MoU di Waseda University Jepang pada pertengahan November lalu.

"Saat ini sudah ada 13 mahasiswa yang lulus di manajemen informasi dari sebelumnya yang ikut daftar sebanyak 40 orang. Nanti mereka digodok dulu di sini (PPs UMI) dan jika mau akan mengikuti tes sesuai dengan persyaratan untuk mengambil program double degree di Waseda University," ungkap kepada wartawan di Makassar, Rabu (4/12/2013).

Keluaran doble degree ini, tidak menutup kemungkinan untuk menjadi dosen di UMI, namun masih menunggu kebijakan kampus. Namun pihaknya mengaku masih akan mempertimbangkannya.

Wakil Rektor (WR) I UMI H Sahnur Said mengatakan, program double degree adalah perkuliahan yang dilakukan selama dua semester umum, dan semester selanjutnya berkaitan dengan konsentrasi mata kuliah tersebut.

"Sebelum yang bersangkutan menyelesaikan studinya (yudisium), jika mau, akan mengikuti seleksi untuk double degree. Tentunya, ada beberapa persyaratan diantaranya melihat Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), toefl, dan lain-lain," ungkap Sahnur.

Menurutnya, Waseda memang memiliki beberapa kampus, yang sangat nyaman untuk belajar. Mahasiswa yang bisa ikut yakni mahasiswa yang sudah lulus sembilan SKS, dan jika berhasil akan meraih gelar Magister Enginering dari Waseda University.

Saat ini, Prodi tersebut masih membuka penerimaan calon mahasiswa baru, dengan menawarkan peluang double degree tersebut.

Baca berita:
Anies Baswedan ajak semua pihak peduli pendidikan
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4789 seconds (0.1#10.140)