UN SD dihapus

Senin, 02 Desember 2013 - 08:39 WIB
UN SD dihapus
UN SD dihapus
A A A
Sindonews.com - Pemerintah tahun depan menghapus ujian nasional di jenjang Sekolah Dasar (SD). Ujian akan dilaksanakan di masing-masing sekolah dengan nama ujian sekolah atau madrasah.

Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Dadang Sudiyarto mengatakan, pada tahun depan tidak ada lagi ujian berstandar nasional untuk SD.

Tetapi diselenggarakan ujian sekolah atau madrasah. Ujian ini, kata dia, mencakup SD, SDLB, Paket A, dan Ula (sekolah tingkat sd nonformal di lingkungan Kementerian Agama).

“Dulu di SD ada UN SD dan ujian sekolah. Namun tahun depan hanya ada satu ujian yang dilaksanakan serentak. Namanya ujian sekolah/madrasah,” katanya pada konferensi pers rapat koordinasi UN dan Kurikulum 2014 di Jakarta, Minggu 1 Desember 2013.

Diketahui, pada 2012 pemerintah menerapkan ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) di SD. Lalu pada 2013 ini diganti menjadi ujian nasional SD (UN SD). Pada UN SD Kemendikbud memberikan 25 persen soal untuk diujikan dan 75 persennya diserahkan ke daerah.

Dia mengatakan, mata pelajaran di tingkat dasar yang diujikan yaitu matematika, bahasa Indonesia, dan IPA untuk SD atau MI. sedangkan untuk SDLB akan diujikan mata pelajaran bahasa Indonesia, matematika, IPS, dan PKN.

Dadang menjelaskan, Kemendikbud akan memberikan 25 persen kisi-kisi soal sementara 75 persen soal dibuat oleh satuan pendidikan yang berkoordinasi dengan kabupaten atau kota.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4159 seconds (0.1#10.140)