Pertemuan PDIP-Nasdem pengaruhi Pemilu 2014?

Rabu, 27 November 2013 - 23:34 WIB
Pertemuan PDIP-Nasdem...
Pertemuan PDIP-Nasdem pengaruhi Pemilu 2014?
A A A
Sindonews.com - Pertemuan pucuk pimpinan Partai Nasdem Surya Paloh dan PDIP Megawati Soekarnoputri di Lenteng Agung Kamis 21 November 2013 lalu dinilai banyak pihak sebagai gestur saling membuka diri antara kedua partai yang bisa berujung pada koalisi.

Pertemuan tersebut dianggap sebagai tahap penjajakan yang memiliki agenda khusus terkait pemenangan Pemilu 2014. Bahkan, di dalamnya sudah ada format skenario yang telah disepakati Nasdem dan PDIP.

"Pertemuan Lenteng Agung bermuara ke koalisi dan elektabilitas Nasdem akan terangkat dan posisi PDIP akan semakin mantap," kata Politikus Partai Nasdem Murianto Amin kepada wartawan, Rabu (26/11/2013).

Ketika ditanya soal peluang terjadinya Koalisi Tiga Kaki antara Partai Nasdem, PDIP, dan Golkar, Murianto melihat bahwa peluang ke arah itu cukup besar mengingat kedekatan antara figur-figur partai. Namun, hal tersebut belum bisa dipastikan karena masing-masing partai memiliki kepentingan yang berbeda.

"Surya Paloh punya sejarah dengan Golkar, dia juga dekat dengan Ical dan Megawati. Hubungan mereka sudah cukup intens," katanya.

Menurutnya, Koalisi Tiga Kaki bisa terjadi jika ada share kekuasaan jabatan publik yang jelas dan disepakati bersama. Sementara itu, untuk mendongkrak jumlah pemilih dalam pemilu, diperlukan figur-figur yang tepat di tingkat lokal karena di tingkat elite, Partai Nasdem sudah cukup bagus menjalin komunikasi.

"Konsolidasi partai untuk memenangkan Pemilu 2014 yang paling penting," ujarnya.

Murianto Amin memandang empat poin kesepakatan bersama yang dihasilkan dalam pertemuan Lenteng Agung antara Nasdem dan PDIP merupakan hal-hal penting. Yang bukan hanya menjadi kepentingan kedua partai saja tetapi mempengaruhi proses pemilu secara Umum.

Murianto berpendapat, empat kesepakatan bersama tersebut layaknya mendapat dukungan dari partai-partai politik peserta pemilu yang lain. "Harusnya parpol-parpol lain juga melakukan hal yang sama tetapi efektif atau tidaknya itu sebenarnya ada di DPR," pungkasnya.

Baca berita:
PDIP-Nasdem atur strategi jelang Pemilu 2014
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)