Sumatera, Jawa, Kalimantan kena dampak pemanasan global

Senin, 25 November 2013 - 14:37 WIB
Sumatera, Jawa, Kalimantan kena dampak pemanasan global
Sumatera, Jawa, Kalimantan kena dampak pemanasan global
A A A
Sindonews.com - Peneliti asal Jepang Takemura Shinichi menciptakan sebuah alat canggih bernama Tangible Earth, atau bola dunia (globe) digital interaktif untuk melihat dampak pemanasan global secara real time di bumi.

Takemura mengatakan, alat tersebut tidak bisa mengukur secara detail. Tetapi bisa memberikan gambar visual dan proyeksi, mengenai keadaan bumi yang terkena dampak pemanasan global dan perubahan iklim.

"Alat ini tidak bisa mengukur. Tetapi menjadi alat ini hanya untuk penelitian di laboratorium, menerima data dari nasional agensi. Misalnya Pemerintah Jepang, terkait perkembangan pemanasan global," katanya, di Balai Sidang Universitas Indonesia dalam seminar Tangible Earth bersama AEON," Senin (25/11/2013).

Ia memperlihatkan bagaimana arah gelombang laut saat tsunami terjadi di Jepang 2011, dan tsunami di Aceh pada 2004 dengan menggunakan alat tersebut. Selain itu, alat tersebut juga bisa melihat arah angin, dan menjadi sistem peringatan dini bagi masyarakat.

"Tsunami bisa diukur dengan alat ini. Kita lihat khusus di Indonesia, ada zona merah (red zone), yakni Jakarta, sebagian Sumatera bagian timur, Kalimantan, Papua dimana permukaan air laut di sejumlah wilayah tersebut jika pasang, maka daerah tersebut tergenang air. Ini paling terdampak," jelasnya.

Klik di sini untuk berita selengkapnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7698 seconds (0.1#10.140)