Suhardi Alius, jenderal bintang tiga yang muda

Senin, 25 November 2013 - 11:59 WIB
Suhardi Alius, jenderal bintang tiga yang muda
Suhardi Alius, jenderal bintang tiga yang muda
A A A
Sindonews.com - Inspektur Jenderal (Irjen) Suhardi Alius ditunjuk Kapolri Jenderal Pol Sutarman sebagai Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Bareskrim) Polri menggantikan dirinya yang kini menjabat Kapolri.

Sejak Sutarman menjabat Kapolri, kursi Kabareskrim mengalami kekosongan, dan kini Sutarman telah menunjuk Suhardi untuk mengisi kursi jabatan jenderal bintang tiga itu, pada hari ini melalui telegram rahasia yang ditulisnya.

Pangkat Komisaris Jenderal di instansi Polri hanya ada tujuh perwira tinggi, dan mengisi tujuh posisi jabatan yang tingkatannya di bawah Kapolri secara langsung. Mereka adalah Wakapolri Komjen Pol Oegroseno, Irwasum Komjen Pol Anton Bachrul Alam, Kabaharkam Komjen Pol Badrodin Haiti, Kalakhar BNN Komjen Pol Anang Iskandar, Kabaintelkam Komjen Pol Suparni Parto, Kalemdikpol Komjen Pol Budi Gunawan, serta Kabareskrim Irjen Suhardi Alius.

Suhardi saat ini masih berpangkat Irjen atau jenderal bintang dua, dan pada pelantikannya sebagai Kabareskrim akan dinaikkan pangkatnya menjadi Komjen atau jenderal bintang tiga. Diantara tujuh Komisaris Jenderal yang ada, Suhardi merupakan yang paling muda angkatannya di Akademi Kepolisian (Akpol).

Pria kelahiran Jakarta, 10 Mei 1962, ini merupakan lulusan Akpol angkatan 1985, sedangkan enam jenderal bintang tiga lainnya merupakan senior Suhardi di Akpol.

Suhardi tercatat memiliki prestasi yang baik dalam kariernya di bidan serse, Dia pernah menjabat sebagai Penyidik Utama Direktorat II Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri, Kapolres Metro Jakbar tahun 2004, Direskrimum Polda Metro Jaya tahun 2005, Koorsprim Polri tahun 2005, Direktur Minwa PTIK tahun 2009, Direktur V Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri tahun 2009.

Kemudian menjabat Wakapolda Metro Jaya tahun 2011-2012, dan kariernya terus meningkat sebagai Kadivhumas Polri pada tahun 2012-2013, dan Kapolda Jabar tahun 2013, dan kini menjabat sebagai Kabareskrim Polri.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7092 seconds (0.1#10.140)