Kisruh DPT, persoalan klasik

Jum'at, 22 November 2013 - 16:08 WIB
Kisruh DPT, persoalan klasik
Kisruh DPT, persoalan klasik
A A A
Sindonews.com - Problem Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah menjadi langganan setiap periode pemilu. Bahkan saat sudah ditetapkan menjadi DPT, partai politik tetap menggugat hasilnya.

Jelang rekapitulasi ulang hasil perbaikan DPT pada 4 Desember mendatang, masalah DPT masih belum ada titik terang. Terakhir KPU hanya mampu menyisir sebanyak 3,7 juta pemilih bermasalah.

Menurut Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP PAN Didi Supriyanto, persoalan DPT adalah persoalan klasik yang selalu mewarnai setiap periode pemilu. Sehingga, membicarakan DPT akan melelahkan.

Didi mengaku, pihaknya akan menunggu saja hasil perbaikan DPT yang telah dijanjikan KPU kepada publik. Ia berharap KPU menghadirkan DPT secara lengkap.

"Tanggal 4 nanti kami tunggu keterangan dari KPU, sampaikan data yang lengkap dong," kata Didi, saat saat diskusi "DPT Berakhir, Partai Ketar Ketir" di Media Center KPU, Jakarta, Jumat (22/11/2013).

Dilanjutkan dia, pihaknya tak bisa memberikan toleransi atas kegagalan KPU menghadirkan DPT yang sahih. Sebab, KPU sudah diberikan banyak waktu untuk melakukan perbaikan itu.

Sehingga, tambah dia, sebelum tanggal 4 Desember mendatang, KPU harus mampu menjelaskan kepada publik terutama partai politik berapa perbaikan yang sudah dilakukan.

"Soal DPT harus sudah clear sesuai dengan tahapan. Mudah-mudahan KPU jauh lebih transparan saat perbaikan," tambah Didi.

PDIP anggap Kemendagri sumber malapetaka DPT
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5365 seconds (0.1#10.140)