Guru PAUD di Depok minim pelatihan

Minggu, 17 November 2013 - 17:30 WIB
Guru PAUD di Depok minim pelatihan
Guru PAUD di Depok minim pelatihan
A A A
Sindonews.com - Meningkatnya jumlah peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Depok tidak dibarengi dengan kualitas pendidiknya. Sehingga masih banyak tenaga PAUD yang dinilai tidak profesional.

Hal itu terlihat saat dilakukan pelatihan dengan mendatangkan tenaga pengajar PAUD se-Depok. "Ada guru yang hanya sekadar ngajar. Untuk administrasi dan lainnya masih butuh bimbingan lagi," kata Ketua Fatayat NU Depok Yuminah, Minggu (17/11/2013).

Hal itu disebabkan minimnya pendidikan bagi tenaga PAUD, padahal kebutuhan masyarakat cukup tinggi. Sehingga banyak pelatihan dan diklat yang diselenggarakan swakelola maupun dengan bayar. Padahal, saat para guru mengikutinya secara aktif dan antusias. "Ini bisa menjadi perhatian bagi Pemkot Depok, khususnya Dinas Pendidikan agar banyak menyelenggarakan pelatihan dan diklat," ujarnya.

Di tempat yang sama, pengamat pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Asroi menuturkan, minimnya pelatihan tenaga PAUD juga tak terlepas dari terbatasnya anggaran. Alokasi dana untuk PAUD tak sebesat tingkat SD dan SMP.

"Kondisi secara umum seperti itu. PAUD kan ada yang informal dan formal. Waktu kita kumpul bareng saat penelitian dari UI, ternyata TK formal merasa dirongrong dan muridnya menurun. Penyebabnya, masyarakat menyerbu PAUD informal," ujarnya.

Asroi menilai, masyarakat kurang mampu lebih memilih PAUD karena lebih murah atau biayanya ala kadarnya. Masyarakat tidak banyak menuntut kualitas, bagi mereka yang terpenting sekolah. Sementara, bagi guru dibayar murah seperti Rp300 ribu mau menerima karena tak miliki ijazah.

"Biaya TK mahal, masyarakat lihat PAUD karena murah yang penting asal sekolah. Gurunya, banyak juga yang lulusan SMP. Di sini memang diperlukan kebijakan penguatan pada PAUD yang informal karena minimnya anggaran," harapnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Kota Depok tahun 2013 mencatat sebanyak 932 lembaga PAUD yang tersebar di 11 kecamatan. Jumlah ini meningkat sejak tahun 2010, yakni sekitar 100 lembaga. Sementara itu, jumlah siswa PAUD di Depok sekitar 31.633 siswa dengan jumlah guru PAUD sebanyak 4.289.

Pengenalan Pancasila melalui PAUD
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7137 seconds (0.1#10.140)