Anies klaim KKN berdampak positif bagi mahasiswa

Jum'at, 15 November 2013 - 16:27 WIB
Anies klaim KKN berdampak positif bagi mahasiswa
Anies klaim KKN berdampak positif bagi mahasiswa
A A A
Sindonews.com - Calon Presiden (Capres) Konvensi Partai Demokrat Anies Baswedan mengatakan, Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan mahasiswa menjelang akhir masa kuliah, merupakan tahapan yang penting.

"Agar KKN terus dijalankan oleh kampus-kampus, karena berdampak positif bagi masyarakat dan mahasiswa. Saat KKN, masyarakat pedesaan dapat melihat langsung sosok nyata pemimpin hasil pendidikan yang dapat mengubah desanya," ucap Anies, lewat rilis kepada Sindonews, Jumat (15/11/2013).

Di sisi lain, Pendiri Gerakan Indonesia Mengajar ini mengungkapkan, dari KKN ini, bisa dilihat bahwa Indonesia mempunyai potensi besar. Potensi itu baik dari sumber daya alamnya, maupun kualitas manusianya.

"Indonesia ini memiliki potensi yang sangat besar, hanya saja butuh kepemimpinan yang pas sehingga bisa maju. KKN melatih mahasiswa calon intelektual untuk tak hanya berfikir tetapi langsung berbuat KKN membuat mahasiswa memahami secara langsung kehidupan akar rumput," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Musliar Kasim mengatakan, soft skill bisa berbentuk managerial skill, komunikasi, kepemimpinan atau disiplin.

Praktiknya dapat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan kegiatan berorganisasi lainnya. Dia menuturkan, mahasiswa yang aktif berorganisasi maupun kepanitiaan tertentu, biasanya memiliki bekal soft skill yang baik.

“Arah kebijakan pendidikan salah satunya berupaya untuk terus meminimalisasi kesenjangan antara dunia pendidikan dan dunia kerja,” kata Musliar pada Nation Building Beasiswa Djarum Foundation, Rabu 13 November 2013.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6938 seconds (0.1#10.140)