Pemerintah gunakan dana cadangan pulangkan TKI overstay

Jum'at, 08 November 2013 - 23:05 WIB
Pemerintah gunakan dana cadangan pulangkan TKI overstay
Pemerintah gunakan dana cadangan pulangkan TKI overstay
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono mengatakan, pemerintah akan menggunakan dana cadangan untuk memulangkan para Warga Negara Indonesia (WNI) overstay di Arab Saudi.

Dalam hal in terdapat sekitar 7.885 WNI yang sudah berada di karantina imigrasi pasca amnesti, 1.200 diantaranya adalah anak-anak, balita, lansia dan wanita hamil.

Agung mengatakan, dalam perjanjian internasional seharusnya warga negara asing yang dideportasi dipulangkan oleh negara bersangkutan. Namun, hal ini akan memakan banyak waktu sehingga kita memaksimalkan jumlah petugas dalam pembuatan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP).

Selain itu, Pemerintah Arab Saudi meyakinkan untuk melakukan sweeping diberlakukan kepada perusahaan, organisasi bisnis dan toko-toko yang memberlakukan pekerjaan tanpa prosedur.

“Kita tetap lakukan sosialisasi dan pendekatan agar para WNI overstay tetap berada di rumah dan tidak panik,” kata Agung saat ditemui di Kantor Kemenko Kesra di Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Saat in dari 101,065 WNI yang melakukan pemohonan pembuatan SPLP, 17.306 sudah mendapatkan surat izin untuk tinggal dan bekerja di Arab Saudi dan berpindah majikan, 6.257 WNI yang sudah mendapatkan exit permit sedangkan 7.885 WNI yang sedang berada di karantina dan akan segera dipulangkan.

Baca berita:
Kehidupan ribuan TKI di Saudi tak layak
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5516 seconds (0.1#10.140)