Sasaran MDGs tolak ukur suksesnya negara

Kamis, 31 Oktober 2013 - 23:44 WIB
Sasaran MDGs tolak ukur suksesnya negara
Sasaran MDGs tolak ukur suksesnya negara
A A A
Sindonews.com - Seperti diketahui, delapan sasaran pembangunan pencapaian Millenium Development Goals (MDGs) ialah pengentasan kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim, pemerataan pendidikan dasar.

Kemudian persamaan gender dan pemberdayaan perempuan, pengurangan tingkat kematian anak, peningkatan kesehatan ibu, perlawanan terhadap Human immunodeficiency virus infection/acquired immunodeficiency syndrome (HIV/AIDS), malaria dan penyakit lainnya, penjaminan daya dukung lingkungan hidup serta pengembangan kemitraan global untuk pembangunan.

Peneliti Kependudukan dari Universitas Auckland, Selandia Baru, Saville Kushner mengatakan,
program pembangunan untuk mencapai delapan sasaran MDGs sudah seharusnya ditujukan seluruh lapisan masyarakat lewat kebijakan pemerintah.

"Dan sasaran pembangunan MDGs tersebut bisa digunakan oleh setiap pemerintah negara untuk menilai sukses atau tidaknya program pembangunan yang dilaksanakan," kata Kushner di Yogyakarta, Kamis (31/10/2013).

Selanjutnya, pasca MDGs 2015, Kushner menjelaskan, Sustainable Development Goals (SDGs) bukan sekadar norma internasional, tapi juga menjadi kerangka dasar dalam program pembangunan berkelanjutan.

"Melalui SDGs nantinya juga akan mampu melihat problema pembangunan dari sisi pembangunan masing-masing negara secara objektif," tandasnya.

Berita terkait:
Pemerintah minta DPR proaktif soal kesetaraan gender.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8266 seconds (0.1#10.140)