Indonesia menjadi negara pembuat vaksin negara OKI

Kamis, 24 Oktober 2013 - 21:08 WIB
Indonesia menjadi negara pembuat vaksin negara OKI
Indonesia menjadi negara pembuat vaksin negara OKI
A A A
Sindonews.com - Berdasarkan kesepakatan Islamic Conference Of Healt Ministers (ICMH) atau Organisasi Konfrensi Islam (OKI), Indonesia akan menjadi negara pembuat vaksin.

Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi mengatakan, hal ini merupakan kemandirian penyediaan produk farmasi dan kemandirian industri nasional.

Menurut dia, pembuatan vaksin ini untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, dalam rangka meningkatkan cakupan imunisasi. Khususnya untuk menurunkan angka kematian ibu dan anak.

"Pertemuan ini berhasil menyepakati pembentukan Caccine Manufactures Group, baik pemerintah maupun swasta, badan industri OKI dan organisasi internasional. Termasuk GAVI dan UNICEF," tandasnya saat menghadiri konfrensi pers penutupan ICHM di Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Nafsiah mengatakan, Indonesia melalui PT Biofarma merupakan salah satu dari dua negara OKI, yang telah lolos uji prakualifikasi WHO dalam memproduksi vaksin.

Selain dapat menyediakan vaksin sendiri untuk kebutuhan dalam negeri, Indonesia juga dapat membantu negara-negara OKI dalam memenuhi kebutuhan vaksin.

"Diharapkan negara yang tergabung dalam OKI tidak usah impor vaksin, untuk memenuhi kebutuhan vaksin baik untuk anak-anak dan dewasa," kata Nafsiah.

Baca juga mengenai vaksin ventafalen.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5583 seconds (0.1#10.140)