SBY terima gelar bangsawan dari Banjar

Kamis, 24 Oktober 2013 - 16:44 WIB
SBY terima gelar bangsawan dari Banjar
SBY terima gelar bangsawan dari Banjar
A A A
Sindonews.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berburu banyak gelar di akhir masa jabatannya sebagai Presiden. Kali ini SBY menyabet gelar kebangsawanan Suku Banjar, Kalimantan Selatan, yaitu "Tutuha Banua Nang Batuah".

Gelar bangsawan itu diberikan di Gedung Mahligai Pancasila, kompleks kediaman Gubernur Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Kamis (24/10/2013), seperti dikutip laman setkab.go.id.

"Kami anugerahkan kepada Yang Mulia Dr H Susilo Bambang Yudhoyono gelar Tutuha Banua Nang Batuah," ujar Suryansah, Ketua Majelis Paripurna Lembaga Budaya Banjar Suryansah Idham, seperti dikutip laman setkab.go.id.

"Ulun terima," jawab Presiden SBY ketika prosesi pengukuhan selesai.

Presiden mengatakan, gelar kehormatan masyarakat Banjar itu pada hakekatnya ia persembahkan kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Atas penganugerahan gelar ini saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada lembaga budaya adat seluruh masyarakat Banjar yang saya cintai. Insya Allah gelar ini dapat mendorong dan memotivasi tekad, dan darma bakti saya dalam pengabdian kepada bangsa dan negara," ujar Presiden SBY.

Gelar "Tutuha Banua Nang Batuah" berarti orang yang dituakan di masyarakat Suku Banjar, yang memiliki tuah/keuntungan, baik secara materiil maupun imateriil.

SBY memburu banyak penghargaan dan gelar dari dalam dan luar negeri di akhir masa jabatannya sebagai Presiden. Selain penghargaan Bangsawan Banjar tersebut, SBY juga menerima gelar bangsawan dari mancanegara, salah satunya dari Inggris yakni Knight Grand Cross in the Order of the Bath, pada tahun 2012, oleh Ratu Elizabeth II.

Baca juga berita SBY terima gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Syiah Kuala
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6818 seconds (0.1#10.140)