TNI miliki kemampuan diplomasi di dunia internasional

Senin, 14 Oktober 2013 - 20:12 WIB
TNI miliki kemampuan diplomasi di dunia internasional
TNI miliki kemampuan diplomasi di dunia internasional
A A A
Sindonews.com - Keterlibatan Tentara Nasional Indonesia (TNI), dalam operasi perdamaian dunia ternyata cukup menguntungkan bagi politik luar negeri RI. Melalui peran perdamaian yang dijalankan, pasukan Indonesia mampu memberikan pencitraan yang baik dalam proses diplomasi.

"Banyak pelajaran bisa diambil dari keterlibatan aktif Indonesia, dalam operasi misi perdamaian di berbagai negara. Karena misi yang dijalankan TNI dalam pasukan perdamaian sesuai harapan, sehingga ditiru dan berkali-kali diulang untuk diikut sertakan dalam operasi perdamaian di banyak negara," ujar Dosen Hubungan Internasional UGM Drs Dafri Agus Salim MA, Senin (14/10/2013).

Menurut Daffri, saat ini ada 100 negara yang berkeinginan agar pasukan tentaranya terlibat dalam misi perdamaian. Meski memiliki sejarah pelanggaran HAM, tren permintaan TNI menjadi bagian dari pasukan perdamaian terus meningkat, terlebih pasca perang dingin.

"Ini tentu membanggakan. Diantara banyak pesaing, tentara kita menjadi salah satu yang dipilih. Sedangkan negara-negara yang tadinya dominan dalam keterlibatan pasukan perdamaian justru mulai menurun," ujarnya.

Diungkapkan Daffri, ada tiga faktor yang mendorong keberhasilan TNI dalam menjalan misi sebagai pasukan perdamaian dunia, yakni adanya political will, skill yang dimiliki baik fisik maupun sosial dan politik luar negeri RI.

Hampir semua warga mendukung keberadaan TNI, untuk menjalankan misi dalam pasukan perdamaian. "Sebagai pasukan perdamaian, pasukan TNI kini tidak sekadar peace keeping. Namun sudah pada tahapan peace building. Yaitu pasukan perdamaian yang membangun sekolah, membangun rumah sakit, jalan dan lain-lain. Selain itu, TNI tidak lagi mengandalkan teknik bertempur, tapi dengan cara mengajar, mendidik dan lainnya," imbuhnya.

Klik di sini untuk berita terkait.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7377 seconds (0.1#10.140)