Ini teknis mendapatkan daging kurban di Masjid Istiqlal

Senin, 14 Oktober 2013 - 13:51 WIB
Ini teknis mendapatkan daging kurban di Masjid Istiqlal
Ini teknis mendapatkan daging kurban di Masjid Istiqlal
A A A
Sindonews. com - Masjid Istiqlal berencana membagikan 6000 kupon daging kurban kepada masyarakat. Kupon tersebut baru dibagikan pada Rabu 16 Oktober 2013, dini hari.

"Prosesnya mulai jam dua pagi, mereka boleh masuk ke pekarangan Masjid Istiqlal. Kupon dibagikan pada hari Rabu dan ada aba-aba pembagian dimulai maka mulailah dibagikan," ungkap Ketua Badan Pelaksana Pengelola Hewan Kurban Masjid Istiqlal, Mubarok kepada wartawan, Jakarta, Senin (14/10/2013).

Mubarok menjelaskan, nanti ada kursi antrian yang disediakan untuk 150 orang perempuan dan 150 orang laki. Supaya tertib, sebab ini prosesi keagamaan dan harus dijaga betul martabatnya.

"Nanti akan masuk prosesi penyerahan secara resmi dari Bapak Presiden dan Wakil Presiden kepada Wakil Menteri Agama. Kemudian diserahkan kepada kami pengurus Masjid Istiqlal. Selesai prosesi itu sapi akan dibawa dan akan dibawa ke rumah pemotongan kurban Istiqlal dan bekerja sama dengan rumah potong Pulogadung," paparnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan pemotongan akan dilakukan pada hari Selasa 15 Oktober 2013, setelah Salat Isya. "Pagi kita terima, malamnya kita laksanakan pemotongan dan pencincangan untuk dimasukan ke dalam kantong-kantong. Nanti setelah Salat Subuh pada hari Rabu akan mulai dibagikan kepada masyarakat," terangnya.

Setelah mendapat kupon, masyarakat akan dibagi dalam dua jalur. Untuk perempun melalui jalur perempuan dan laki-laki juga ada jalurnya sendiri.

"Kupon ini memang ada nomornya. Tapi, yang perempuan masuk jalur perempuan dan yang laki-laki juga begitu. Siapapun yang mengantri pasti akan diberikan kupon, tapi bagi perempuan yang membawa bayi, kami hanya beri satu," tegasnya.

Setelah mendapat daging kurban, lanjut Mubarok, ada latihan pemilihan umum (pemilu) kepada para pengantri dengan menyelupkan jari ke dalam tinta. "Sesudah itu baru mereka keluar," pungkasnya.

Baca berita:
Bobot sapi Cendana mencapai 700 Kg
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2446 seconds (0.1#10.140)
pixels