Masyarakat Indonesia kurang peduli terhadap sanitasi

Rabu, 02 Oktober 2013 - 22:00 WIB
Masyarakat Indonesia kurang peduli terhadap sanitasi
Masyarakat Indonesia kurang peduli terhadap sanitasi
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia Naning Adiwoso mengaku, hingga saat ini masih banyak yang tidak peduli tentang sanitasi. Padahal sanitasi memiliki peran penting bagi kesehatan.

Menurutnya, jika sanitasi buruk terutama toilet, maka potensi penyakit akan subur di lingkungan masyarakat tersebut dan rentan menyerang balita.

“Untuk itu pemerintah perlu berperan aktif menyadarkan tentang pentingnya toilet, yang bersih sehat dan manusiawi,” tuturnya, Rabu (2/10/2013).

Naning berharap, dengan adanya pertemuan World Summit Toilet 2013 ini dapat mendorong pemberdayaan masyarakat, soal akses sanitasi yang standar menuju hidup yang sehat dan sekaligus mengurangi kemiskinan baik pedesaan ataupun perkotaan.

"Saya berharap dengan adanya World Summit Toilet 2013, kesadaran masyarakat mengenai sanitasi meningkat," harapnya.

Sebelumnya, minimnya akses masyarakat tentang sanitasi, mendorong perwakilan 19 negara melakukan pertemuan di Hotel Sunan Solo, Jawa Tengah. Pertemuan tersebut, akan membahas secara spesifik tentang toilet dan problematika masyarakat dunia.

19 negara yang hadir diantaranya Kanada, Inggris, Cina, Amerika Serikat, India, Australia, Malaysia, Belanda Singapura, Swedia, Rusia, Jepang dan Vietnam.

Klik di sini untuk berita 9 negara bahas persoalan sanitasi di Solo.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5667 seconds (0.1#10.140)