Manfaatkan fungsi hutan dengan optimal

Selasa, 01 Oktober 2013 - 15:34 WIB
Manfaatkan fungsi hutan dengan optimal
Manfaatkan fungsi hutan dengan optimal
A A A
Sindonews.com - Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada (UGM) Satyawan Pudyatmoko menyatakan, fungsi hutan di Indonesia harus dimaksimalkan fungsinya dan tidak hanya dinilai dari kayunya saja.

"Padahal banyak sekali fungsi lainnya yang tidak bisa dinilai secara ekonomi. Misalnya saja air yang disimpan, udara yang dihasilkan dan satwa yang terpelihara. Sebenarnya, dengan memanfaatkan hutan secara maksimal, kita mampu memenuhi kebutuhan hidup kita, termasuk sumber energi," kata Satyawan, kepada wartawan, di Yogyakarta, Selasa (1/10/2013).

Dikatakan Satyawan, tanpa mengeksplor isi perut bumi untuk mendapatkan sumber energi, isi hutan telah mampu mengatasinya. Menurutnya, cukup dengan memaksimalkan energi panas bumi, air terjun dan pemanfaatan kayu menjadi biomass, energi alternatif terbarukan bisa didapat dengan mudah.

Dia menjelaskan, jika energi dari tambang seperti minyak bumi dan batu bara mampu bertahan sekira 20 tahun, berbeda dengan hutan yang bisa bertahan 100 tahun.

"Mengeksplor tambang tentu boleh saja, tinggal mengatur spot-spot-nya saja. Yang terpenting jangan mengorbankan hutan hanya untuk keuntungan sementara. Dengan terpeliharanya hutan, kita mendapat air dan mampu mencukupi kebutuhan pangan yang menjadi kebutuhan utama kehidupan. Karenanya sangat penting memilih pemimpin yang pro lingkungan," tuturnya.

Ikut berita terkait soal hutan di Indonesia.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8335 seconds (0.1#10.140)