IDI beri pendidikan kesehatan kepada dokter cilik

Selasa, 01 Oktober 2013 - 11:00 WIB
IDI beri pendidikan...
IDI beri pendidikan kesehatan kepada dokter cilik
A A A
Sindonews.com - Tingkatan hidup sehat dan tanggap bencana melalui pemberdayaan dokter kecil. Hal ini dinilai efektif oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dalam memberikan bekal pendidikan kesehatan dan penanganan bencana.

Ketua Umum IDI Zainal Abidi mengatakan, dalam mengatasi permasalahan kesehatan, seperti pemanasan global, memunculkan berbagai macam virus hingga penanganan bencana seperti tsunami.

Hal ini sebagai revitalisasi keberadaan dokter kecil untuk dapat diberdayakan dalam memberikan penanganan sesama anak-anak di sekolah. Selain itu, para dokter kecil tersebut juga akan dibekali pendidikan tanggap bencana sejak dini.

Menurutnya, minimal anak-anak tersebut mengatahui cara menyelematkan diri dalam bencana gempa bumi, kebakaran dan tsunami. "Doker kecil harus diberdayakan keberadaannya. Mereka dapat memberikan informasi dan pertolongan sesama anak dengan terlatih," kata Zainal, saat ditemui di Gedung IDI, Selasa (1/10/2013).

Zainal mengatakan, pendidikan tanggap bencana diperkirakan penting diberikan untuk menghindari sang anak dalam menyelematkan diri dan diselamatkan. Diharapkan, anak-anak dapat menjadi duta di sekolahnya guna membawa pendidikan yang diberikan. "Alangkah baiknya mereka dapat menolong anak-anak seumurannya dan orang lain. Tetapi minimal mereka mampu menolong diri sendiri," kata Zainal.

Sebelumnya, IDI akan mengadakan Dokter Kecil Award dalam program IDI. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 3 sampai 5 Oktober 2013 yang akan diikuti oleh seluruh dokter kecil perwakilan dari 33 provinsi.

"Mereka sudah diseleksi di daerah masing-masing untuk mewakilinya. Yang terpenting mereka mempunyai rasa tolong-menolong yang tinggi," ujarnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1196 seconds (0.1#10.140)