KPK akan ekspos kasus Rusli Zainal

Minggu, 29 September 2013 - 19:21 WIB
KPK akan ekspos kasus Rusli Zainal
KPK akan ekspos kasus Rusli Zainal
A A A
Sindonews.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) segera melakukan ekspos (gelar perkara) terkait dua kasus korupsi tersangka Gubernur Riau M Rusli Zainal.

Pertama, kasus dugaan suap pengurusan revisi Peraturan Daerah (Perda) No 6/2010 tentang pembangunan lapangan menembak PON Riau 2012. Dalam kasus ini Rusli diduga menerima dan memberi suap.

Kedua, Rusli dijerat pada kasus dugaan korupsi penerbitan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Bagan Kerja (BK) Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu pada Hutan Tanaman (IUPHHK-HT) atau Hutan Tanaman Industri (HTI) di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.

Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan Bambang Widjojanto menyatakan, sampai kini proses pemberkasan untuk Rusli masih berlangsung. Karenanya belum ada kesimpulan kapan Ketua DPP Partai Golkar Bidang Hubungan Eksekutif dan Yudikatif itu akan disidangkan. Dalam waktu dekat penyidik, jajaran kedeputian penindakan, dan pimpinan akan melakukan gelar perkara.

"Saya tidak bisa sebut apakah ekspos itu terkait TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang) atau tidak. Tapi ekspos terhadap kasusnya RZ. Ekspos itu tidak harus P21. Tapi perkembangan proses kasusnya, itu yang harus dilihat," ungkap Bambang di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/9/2013).

Mantan Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesai (YLBHI) itu menuturkan, sampai saat ini belum ada kesimpulan soal penerapan TPPU sebagai lanjutan dari dugaan korupsi Rusli Zainal. Tapi, penyidik masih melakukan penelusuran aset milik yang bersangkutan. Yang sudah disita adalah tiga mobil. Sampai pekan lalu belum ada penyitaan tambahan.

"Saya enggak tahu apalagi yang akan disita. Penyitaan kan bukan hanya soal TPPU," imbuhnya.

Lebih lanjut, KPK belum menyasar ke pihak lain dalam kasus PON. Pasalnya penyidik fokusnya di RZ dulu. Bambang mengaku belum mengetahui apa alasan Rusli Zainal tidak pernah lewat di depan gedung dan langsung naik ke ruang penyidikan saat menjalani pemeriksaan. Dia akan menanyakan langsung ke penyidik. "Saya enggak tahu soal itu. Kalian tahu dari mana (RZ) terima ancaman," tanyanya.

Baca juga berita Mantan ajudan Rusli Zainal diperiksa KPK.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7292 seconds (0.1#10.140)