Perilaku merokok timbulkan gangguan kesehatan

Kamis, 26 September 2013 - 20:55 WIB
Perilaku merokok timbulkan gangguan kesehatan
Perilaku merokok timbulkan gangguan kesehatan
A A A
Sindonews.com - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih mengatakan, rokok terdiri lebih dari 4000 zat kimia dan di antaranya ada 60 zat yang bersifat karsinogenik.

Menurutnya, perilaku merokok jelas dapat menimbulkan gangguan kesehatan, di antaranya kanker paru, jantung, penyakit paru obstruktif kronis dan berbagai penyakit lainnya.

Dia menambahkan, Indonesia merupakan negara perokok terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan India, dengan jumlah perokok aktif sebesar 61,4 juta orang. Katanya, dari sudut pandang medis, kegemaran merokok jelas membahayakan diri sendiri.

“Dengan jumlah perokok aktif sebesar itu, maka sangatlah wajar jika biaya rawat inap dan rawat jalan yang ditimbulkan oleh penyakit terkait rokok melonjak. Itu jauh melampaui dana Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang hanya Rp20 triliun pertahunnya," kata Daeng Faqih, lewat rilis kepada wartawan, Kamis (26/9/2013).

Anggota Komisi IX DPR Surya Chandra Surapaty mengungkapkan, pendapatan cukai mengalami pertumbuhan rata-rata 16,7 persen per tahun dari Rp51,3 triliun (2008) menjadi Rp95,0 triliun (2012).
Peningkatan ini dipengaruhi terutama oleh peningkatan produksi rokok dan harga jual eceran, kebijakan kenaikan tarif cukai hasil tembakau setiap tahun, serta keberhasilan pemberantasan cukai rokok ilegal.

Melihat efek rokok Yang merugikan negara, pemerintah harus mempertimbangkan Penyakit Terkait Rokok (PTR).
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4870 seconds (0.1#10.140)