Jenderal Moeldoko tinjau kesiapan pengamanan APEC 2013

Rabu, 25 September 2013 - 10:03 WIB
Jenderal Moeldoko tinjau...
Jenderal Moeldoko tinjau kesiapan pengamanan APEC 2013
A A A
Sindonews.com - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko meninjau pasukan pengamanan dalam Asia Pacific Economic Coorperation (APEC) di Mako Paspampres, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (24/9/2013).

Berdasarkan rilis yang diterima Sindonews, gelar pasukan ini melibatkan semua unsur TNI dan Polri, yang tergabung dalam Satgaspam VVIP KTT APEC tahun 2013, yang akan melaksanakan tugas pengamanan mulai tanggal 2 sampai dengan 10 Oktober 2013 mendatang di Bali.

Apel kesiapan ini merupakan sarana untuk mengetahui dan memahami kesiapan fisik dan psikologis, baik yang menyangkut kesiapan materiil, profesionalisme, tanggung jawab maupun motivasi serta semangat kerja pasukan pengamanan.

Di sisi lain, peninjauan ini juga bertujuan untuk melakukan komunikasi dan koordinasi secara efektif, bagi unsur pimpinan TNI dan Polri untuk menyampaikan informasi, atensi dan harapan. Sekaligus guna menyamakan persepsi dan memadukan langkah, demi optimalisasi pelaksanaan tugas yang diemban.

Untuk memastikan kesiapan Satgaspam VVIP, Panglima TNI didampingi oleh para Asisten dan segenap jajaran Pejabat Tinggi di Mabes TNI serta Polri, mengecek secara langsung kesiapan personel dan materiil yang akan digunakan untuk mengamankan pelaksanaan APEC tahun 2013.

Pengecekan ini meliputi alat deteksi, komunikasi, elektronik, persenjataan serta perlengkapan khusus yang digunakan oleh personel Satgaspam VVIP. Termasuk kendaraan bermotor dan lapis baja yang dimiliki oleh TNI dan Polri.

Panglima TNI juga memperhatikan secara serius demonstrasi yang diperagakan oleh anggota Satgaspam VVIP, dalam mengatasi gangguan dan ancaman yang terjadi. Seperti penyerangan terhadap kepala negara, penghadangan di tengah jalan, peledakan bom dan penyelamatan VVIP dari gedung bertingkat.

Dalam pengarahannya, Panglima TNI menegaskan bahwa keikutsertaan Satgas Pengamanan VVIP pada KTT APEC tahun 2013 ini, harus dapat menjamin dan memberikan rasa aman, nyaman bagi seluruh kepala negara dan kepala pemerintahan berikut delegasinya selama berada di Indonesia. Termasuk pengamanan terhadap Presiden RI beserta Ibu Negara selaku tuan rumah.

Klik di sini untuk berita Mabes Polri amankan KTT APEC.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8347 seconds (0.1#10.140)