Penyebab merosotnya kualitas dokter

Rabu, 25 September 2013 - 00:06 WIB
Penyebab merosotnya kualitas dokter
Penyebab merosotnya kualitas dokter
A A A
Sindonews.com - Pengamat pendidikan Dharmayuwati mengatakan, kemerosotan mutu dokter saat ini disebabkan kualitas input mahasiswa baru fakultas kedokteran.

Hal ini dikarenakan, tingginya kuota pemerintah mahasiswa baru melalui jalur undangan rapor atau melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang paling sedikit 60 persen.

Menurutnya, selama ini, mark-up nilai rapor terindikasi terjadi selama di SMA, karena prinsip jalur undangan dengan mengambil nilai terbaik. "Hal ini bisa jadi sekolah mengobral nilai, dengan berpartisipasi aktif memanipulasi nilai, demi meningkatnya keterserapan alumninya di perguruan tinggi," kata dia kepada wartawan, Selasa 24 September 2013.

Dia mengatakan, pengontrolan fakultas kedokteran yang jauh dari pemerintahan pusat, sulit dilaksanakan. Hal ini dibarengi dengan maraknya pendirian fakultas kedokteran bisa diasumsikan sebagai solusi minimnya tenaga dokter di daerah, di tengah globalisasi dokter asing yang masuk ke pasar kesehatan.

Kedepannya dia berharap, dengan disahkanya Undang-Undang (UU) Pendidikan Kedokteran (Dikdok), pengaturan secara khusus mengenai penyelenggaraan pendidikan kedokteran, dapat diterapkan dengan baik. "Karena hak ini merupakan persoalan utama dalam meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat sampai pedalaman," tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu, staf pengajar sebaiknya sudah terlatih dalam memanfaatkan teknologi komputer dan multimedia dalam sistem pengajaran. "Peserta didik merupakan anggota masyarakat yang berminat dan memiliki potensi pendidikan kedokteran. Untuk itu semua, masyarakat yang memenuhi hal tersebut mempunyai hak yang sama," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5954 seconds (0.1#10.140)