Ekstrak kulit jeruk bali mampu atasi osteoporosis

Selasa, 24 September 2013 - 16:27 WIB
Ekstrak kulit jeruk...
Ekstrak kulit jeruk bali mampu atasi osteoporosis
A A A
Sindonews.com - Mengatasi osteoporosis pada wanita menopause tidak hanya cukup menggunakan susu tinggi kalsium dan suplemen kalsium.

Untuk itu, empat mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) mengembangkan ekstrak kulit jeruk bali, sebagai tambahan untuk membuat susu tinggi kalsium, yang mampu mengatasi osteoporosis (pengeroposan tulang) pada wanita menopause (tidak haid lagi).

Empat mahasiswa itu adalah, Ragil Setia Dianingati, Annisa Novarina Amanita Khoiril Hana dan Laeli Muntafiah. Menurut Ragil, satu dari dua wanita beresiko menderita osteoporosis. Tingginya risiko wanita untuk mengalami osteoporosis, menjadikannya layak untuk diperhatikan.

"Pada kondisi menopause, wanita akan mengalami kekurangan hormon estrogen yang salah satu dampaknya ialah, penurunan kepadatan tulang atau osteoporosis. Dari hasil penelitian kami, penambahan ekstrak kulit jeruk bali pada susu tinggi kalsium, mampu menambah kepadatan tulang," kata Ragil di Yogyakarta, Selasa (24/9/2013).

Data dari wikipedia, jeruk bali, jeruk besar, atau pomelo, merupakan jeruk penghasil buah terbesar. Nama pomelo sekarang disarankan oleh Kementerian Pertanian (Kementan), karena jeruk ini tidak ada kaitannya dengan Bali. Jeruk ini termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan relatif tahan penyakit.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6880 seconds (0.1#10.140)