Indonesia bisa jadi pelopor global etik

Senin, 23 September 2013 - 16:44 WIB
Indonesia bisa jadi pelopor global etik
Indonesia bisa jadi pelopor global etik
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Indonesia menyarankan agar antar negara mempunyai global etik dalam mengakses internet. Hal ini akan dibawa dalam dorum Internet Governance Forum (IGF) Oktober 2013 mendatang.

Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informaika (Kemenkominfo) Ashwin Sasongko mengatakan, Indonesia dapat menjadi pelopor utama dalam membangun etika global dalam internet.

"Walaupun masih bersifat imbauan, global etik menjadi penyaring utama informasi yang dapat mengakses Internet di Indonesia khususnya," kata Ashwin saat ditemui di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Senin (23/9/2013).

Dia menjelaskan, sebelumnya dalam forum Information Technology (IT) internasional, hal ini pernah disuarakan, namun belum semua negara menyetujui hal tersebut. Maka jika seluruh negara menyepakati dalam forum mendatang, maka global etik dapat diterapkan melalui konfeksi.

"Jika sudah terjadi perjanjian, maka akan ada hukum dan sanksi jika melanggar. Mungkin kita akan mulai pada negara Asia Tenggara terdahulu," ucapnya.

Selain hal permasalahan global etik, pemerintah juga akan melakukan revisi Undang-Undang (UU) ITE akan direvisi pada tahun depan.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6666 seconds (0.1#10.140)