Saan minta Fraksi Demokrat serius tangani aduan Eman

Senin, 23 September 2013 - 12:58 WIB
Saan minta Fraksi Demokrat serius tangani aduan Eman
Saan minta Fraksi Demokrat serius tangani aduan Eman
A A A
Sindonews.com - Anggota Komisi III DPR RI Saan Mustopa mengatakan, kalau dirinya sudah mengusulkan kepada Fraksi Partai Demokrat, agar memanggil seluruh anggota Komisi III DPR RI.

Hal ini dilakukan untuk mengklarifikasi komentar mantan Ketua Komisi Yudisial (KY) Erman Suparman, terkait adanya dugaan oknum Partai Demokrat yang diduga "bermain" untuk meloloskan seseorang untuk menjadi Hakim Agung.

"Saya sudah usulkan ke fraksi untuk dipanggil anggota Komisi III DPR, dari Fraksi Partai Demokrat. Jadi kumpulkan semua, panggil semua dan tanya," kata Saan di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2013).

Ketika ditanya apakah Saan mengetahui oknum anggota Komisi III DPR dari Fraksi Partai Demokrat yang dimaksud Erman, dirinya mengaku tak tahu siapa saja yang dimaksud.

Kendati demikian, mantan Sekretaris Fraksi Partai Demokrat meyakini tak ada oknum fraksi partai bentukan Susilo Bambang Yudhoyono itu, yang melakukan kecurangan dalam seleksi calon hakim agung. "Saya enggak tahu sama sekali. Saya sudah sarankan, insya allah tidak ada," pungkasnya.

Sebelumnya, Eman bercerita, saat melakukan seleksi calon hakim agung kerap mendapat tawaran dari pihak yang berkepentingan, supaya calon hakim yang dititip lolos.

Eman mengaku, pada tahun 2012, saat Komisi Yudisial rapat pleno terkait calon hakim agung, ada oknum Partai Demokrat yang meminta calonnya untuk diloloskan. Saat itu mereka dijanjikan imbalan uang Rp200 juta per orangnya.

"X, teman di DPR bilang ada dana Rp1,4 miliar. Kamu bagi tujuh saja asal diloloskan hakim X," imbuhnya di Cikini Jakarta.‬
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2410 seconds (0.1#10.140)