Konsep perpustakaan akan berubah jadi digital

Kamis, 19 September 2013 - 21:05 WIB
Konsep perpustakaan akan berubah jadi digital
Konsep perpustakaan akan berubah jadi digital
A A A
Sindonews.com - Pakar Perpustakaan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) Harmawan mengungkapkan, era digital dan informasi telah menggeser posisi perpustakaan manual.

“Tipologi perpustakaan dengan gedung yang luas dan penuh buku dipajang di rak, akan berganti dengan perpustakaan kecil tetapi mempunyai akses informasi yang luas dengan dilengkapi sarana koleksi digital,” katanya, Kamis (19/9/2013).

Perpustakaan digital dapat diwujudkan melalui pemberdayaan SDM dan infratruktur yaitu staf, koleksi perpustakaan, fasilitas teknologi informasi, pustakawan dan sistem informasi.

Seperti diberitakan sebelumnya, Konsep Solo Heritage Digital Library akan diusung Kantor Arsip dan Perpustakaan Derah (Arpusda) Kota Solo, Jawa Tengah pada 2014 mendatang. Naskah kuno dan literatur langka akan mudah diakses publik, apabila pengelolaannya secara digital.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Solo Radik Karyanto mengungkapkan, konsep ini muncul sebagai upaya penelusuran naskah-naskah yang rawan rusak akibat cara mengoleksinya kurang tepat.

Naskah-naskah kurang terawat banyak ditemukan di Museum Radya Pustaka, perpustakaan Mangkunegaran, Perpustakaan Kasunanan dan Masjid Agung.

Klik di sini untuk berita perpusataan digital lainnya.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6159 seconds (0.1#10.140)