Dokter spesialis diharapkan mau mengabdi buat daerah

Jum'at, 13 September 2013 - 23:06 WIB
Dokter spesialis diharapkan...
Dokter spesialis diharapkan mau mengabdi buat daerah
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kementerian Kesehatan (PPSDM Kemenkes) Untung Suseno Sutarjo mengatakan, saat ini semua stake holder dapat mengakses siapa-siapa saja calon dokter yang sedang menjalankan pendidikan beasiswa menjadi dokter spesialis.

Hal ini juga dimaksudkan agar pemda dapat melihat para dokter di daerahnya yang sedang bersekolah.

"Jadi dapat dilihat lama bersekolah, jadi pemda dapat mempersiapkan untuk para dokter spesialis ini siap bekerja dan melayani masyarakat di daerahnya," ujar ditemui di Kemenkes, Jakarta, Jumat (13/9/2013).

Selain itu, tujuan lainnya yaitu agar dana yang dikirimkan sesuai dengan data yang ditargetkan. Hal ini dikarenakan setiap Puskesmas mempunyai biaya operasional yang berbeda-beda.

Beberapa jurusan dokter spesialis seperti dokter bedah, bidan, penyakit dalam dan spesialis anak dapat menjadi pilihan para dokter umum tersebut. Selain itu, anastesi, radiologi dan patologiklinik juga sangat jarang digemari oleh para dokter.

"Ini tidak ada paksaan, kita harapkan dapat membuat ketertarikan untuk mereka kembali ke daerahnya," ucapnya.

Untung menegaskan bahwa, saat ini rata-rata Indonesia bagian timur sangat kekurang dokter spesialis. Hal ini dikarenakan banyak para dokter yang tidak betah dan susah untuk menyesuaikan budaya daerah setempat.

"Di sistem baru ini, kita banyak mengambil para dokter dari daerah yang kita sekolahkan agar mereka selesai bersekolah dapat melaksanakan praktek di daerahnya," katanya.

Lanjut dia, diharapkan pemda dapat membantu pemerintah pusat dalam menyediakan alat-alat medis guna melaksanakan praktek. Baik di Puskesmas dan rumah sakit.

"Ini juga menjadi tanggung jawab daerah dalam menyediakan alat-alat dan keperluan para dokter untuk berpraktek," tegasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7798 seconds (0.1#10.140)