MTQ Internasional jadi ajang silaturahmi antar negara

Kamis, 12 September 2013 - 00:06 WIB
MTQ Internasional jadi ajang silaturahmi antar negara
MTQ Internasional jadi ajang silaturahmi antar negara
A A A
Sindonews.com - 21 negara di dunia mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internsional kedua, yang diselenggarakan pertama Indonesia. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Boediono.

Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengatakan, acara internasional ini akan berlangsung pada 11 sampai 15 September 2015, di Masjid Istiqal, Jakarta. Menurutnya, ini merupakan jembatan kerja sama antar negara Islam di dunia.

"MTQ ini merupakan ajang lanjutan pada 2003 lalu yang merupakan ajang persahabatan antar negara Islam guna mempererat tali perdamaian dunia," kata Menag saat ditemui di Kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu 11 September 2013.

Suryadharma menjelaskan, kegiatan ini akan memberikan dampak positif untuk Indonesia dan negara lainnya. Selain itu, MTQ dapat memberi pesan perdamaian dunia. "Ini merupakan kegiatan yang menggambarkan spirit Alquran sebagai kerja sama keragaman bangsa," ujarnya.

Dalam kegiatan Internasional ini akan diikuti oleh 40 orang dari 21 negara, seperti Afrika Selatan, Brunei Darussalam, Thailand, Singapura, Malaysia, Perancis, Maroko, Saudi Arabia, Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, Timor Leste, India, Pakistan, Aljazair, Tunisia, Yordania, Iran, Sudan, Amerika Serikat (USA), Belanda dan Indonesia.

Perlombaan yang akan diselenggarakan seperti tilawatil Alquran dan tahfiz (hafalan) 30 juz kategori dewasa putera. "Perlombaanya akan diselenggarakan di Masjid Istiqal 12-13 September 2013. Setelah itu, 14 septembernya seluruh peserta akan di perkenalkan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan tanggal 15 September kembali ke negaranya masing-masing," ungkapnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3349 seconds (0.1#10.140)