Menag tetapkan Halim jadi lokasi pemberangkatan haji

Selasa, 10 September 2013 - 15:27 WIB
Menag tetapkan Halim...
Menag tetapkan Halim jadi lokasi pemberangkatan haji
A A A
Sindonews.com - Penerbangan calon jemaah haji tahun 2013 embarkasi Jakarta dan sekitarnya, dipindahkan dari Bandara Soekarno Hatta (Soetta) ke Landasan Udara (Lanud) Halim Perdana Kusuma.

Terkait hal itu, Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali mengatakan, mulai tahun ini pihaknya bersama dengan TNI Angkatan Udara (AU) berkomitmen akan menjadikan Lanud Halim Perdana Kusuma menjadi lokasi pemberangkatan jemaah haji, selain Bandara Soetta.

"Kita telah sepakat, untuk jemaah dari Jakarta sebagian juga Bekasi akan berangkat dari Halim, ini kan juga dampaknya cukup baik. Jalanan juga jadi tidak terlalu macet," katanya usai melepas kloter (kelompok terbang) pertama jemaah haji Jakarta bersama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Selasa (10/9/2013).

Menurutnya, dipilihkan Lanud Halim Perdana Kusuma sebagai embarkasi penerbangan calon jemaah haji untuk mempermudah lalu lintas penerbangan. Mengingat, jika dibandingkan dengan bandara Soetta, landasan udara Halim ini jauh lebih lengang. "Lihat saja dari sisi lalu lintas atau traffic udara, di Soekarno Hatta kan sudah terlalu padat, kalau di sini lengang," tukasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo bersama Menag Suryadharma Ali, hari ini melepas kloter pertama penerbangan calon jemaah haji sebanyak 17.723 yang diberangkatkan dari Lanud Halim Perdana Kusuma.

Dalam keterangan persnya Garuda Indonesia, pada haji tahun 2013M/1434H pemerintah Indonesia memberangkatkan 90.108 calon jemaah haji, atau berkurang dibandingkan tahun lalu yang sebanyak 112.688 jemaah. Berkurangnya calon jemaah haji itu karena penerapan kuota dari pemerintah Arab Saudi yang hanya sebesar 20 persen.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0929 seconds (0.1#10.140)