Stem cell solusi untuk penyakit yang sulit disembuhkan

Senin, 09 September 2013 - 16:58 WIB
Stem cell solusi untuk penyakit yang sulit disembuhkan
Stem cell solusi untuk penyakit yang sulit disembuhkan
A A A
Sindonews.com - Dokter Laboratorium Bioteknologi Dermama Spesialis Kulit dan Kelamin, Indah Yulianto mengatakan, salah satu pihak yang memberikan dukungan akan pengembangan teknologi stem cell di Indonesia adalah organisasi Muhammadiyah, yang memiliki jaringan Universitas Muhammadiyah dan Rumah Sakit Islam.

Menurutnya, sebagai organisasi yang menaungi RS Muhammadiyah, di mana kerja sama penelitian dengan Dermama telah dilakukan, Muhammadiyah melihat besarnya potensi kebaikan yang bisa dibawa oleh teknologi sel punca yang oleh banyak pihak sering disebut sebagai the future of medicine.

"Acara ini juga berfungsi sebagai ajang sosialisasi niatan PP Muhammadiyah dalam menerapkan teknologi sel punca ke jaringan rumah sakit Islam yang dimiliki oleh Muhammadiyah, dengan harapan dalam waktu dekat teknologi ini dapat mulai dijalankan," ujarnya saat ditemui di RS Islam Jakarta, Jalan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2013).

Dia menjelaskan, stem cell telah membuka banyak pintu kesembuhan bagi penderita penyakit yang selama ini dianggap mustahil untuk disembuhkan. Dermama telah melakukan penelitian dan clinical trial dengan lebih dari 1000 pasien sejak tahun 2005.

"Semenjak tahun 2011, Dermama bekerja sama dengan beberapa rumah sakit di berbagai daerah mulai melakukan kerja sama penelitian untuk pengembangan dan pelayanan terapi stem cell. Salah satunya adalah dengan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Solo," ungkpanya.

"Di mana dengan dibantu para dokter spesialis, Dermama berhasil mengembangkan terapi sel punca dengan banyak kisah sukses dari pasiennya. Kesuksesan ini yang akhirnya menarik banyak pihak untuk bekerja sama dalam mengembangkan terapi stem cell ini," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5903 seconds (0.1#10.140)