Pemilih pemula diprediksi sumbang angka golput

Jum'at, 06 September 2013 - 15:39 WIB
Pemilih pemula diprediksi sumbang angka golput
Pemilih pemula diprediksi sumbang angka golput
A A A
Sindonews.com - Pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang, angka golongan putih (golput) diprediksi akan cukup tinggi. Salah satu segmen pemilih yang akan menyumbang angka golput adalah kalangan pemilih pemula.

Pengamat politik dari charta politika Arya Fernandes mengatakan, pemilih pemula merupakan kelompok yang berpotensi golput. Pasalnya, pemilih pemula tidak memiliki informasi yang cukup tentang kandidiat atau partai politik (parpol).

"Mereka tidak memiliki informasi karena mereka baru pertama kali pemilu," katanya kepada wartawan, Jumat (6/9/2013).

Menurutnya, ada pemilih pemula malas untuk mengikuti kegiatan politik. Pasalnya, mereka melihat tidak ada calon partai yang dianggap memenuhi aspirasi mereka. "Data pemilihan dari 1999-2009 pertisipasi memilih mengalami penurunan dan angka golput mengalami peningkatan," ucapnya.

Padahal, menurut dia, potensi pemilih pemula di Pemilu 2014 cukup besar. Bahkan di Amerika Serikat (AS), kemenangan Barack Obama dipengaruhi oleh pemilih pemula dan muda. "Saya melihat partai belum memberikan porsi yang cukup bagi pemilih pemula," ujarnya.

Dia mengatakan, parpol jika dilihat sejarahnya belum memiliki tradisi yang utuh untuk menggarap pemilih pemula sejak awal. Jadi parpol seharusnya menciptakan kaderisasi yang baik ditingkat pemilih pemula. "Padahal regenerasi harus dilakukan sejak awal," katanya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4073 seconds (0.1#10.140)