Cegah diabetes, Kemenkes kerahkan 600 dokter

Selasa, 03 September 2013 - 19:33 WIB
Cegah diabetes, Kemenkes kerahkan 600 dokter
Cegah diabetes, Kemenkes kerahkan 600 dokter
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) siapkan 600 tenaga dokter dan 7.225 pos pembinaan terpadu (Posbindu), untuk memberikan layanan pengobatan diabetes melitus (DM) serta konsultasi dalam melakukan pencegahan.

Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (Dirjen P2PL) Tjandra Yoga Aditama mengatakan, tingginya penderita penyakit tidak menular (PTM) menjadi masalah kesehatan.

Dia mengatakan, pelayanan DM sudah dilaksanakan di puskesmas baik di kota dan di daerah. Disamping itu, pemberian obat juga diberikan dengan kemampuan daerah.

Penekanan akan pencegahan penyakit diabetes yang dilakukan sudah dimulai pada 2007 lalu, dengan harapan masyarakat dapat semakin sadar akan bahaya diabetes.

"Pada penyandang DM rujuk balik dari rumah sakit yang merupakan peserta askes, dapat memberikan obat oral maupun suntikan selama 30 hari, atau sesuai rekomendasi dokter," tandasnya saat ditemui di Kantor Kemenkes di Jakarta, Selasa (3/9/2013).

Dia mengaku, tenaga kesehatan bukan hanya dari pusat tetapi juga dilakukan oleh para profesi kesehatan. Tentunya diharapkan dengan ketersedian petugas kesehatan dan tempat pengobatan, mampu meningkatkan rasa kesedaran masyarakat untuk memeriksa kesehatan dirinya termasuk cek gula dalam darah.

Selain itu, memaksimalkan fungis posbindu di kota dan daerah menjadi tanggung jawab bersama. Nantinya, masyarakat yang melakukan pengecekan kesehatan di posbindu tidak akan berbeda jauh dengan posyandu.

“Sama seperti posyandu, ada meja-meja yang menjalankan fungsinya seperti pencatatan berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, perut, gula darah. Terkahir ada konsultasi yang bisa langsung ditangani atau dirujuk ke puskesmas,” kata dia.
(stb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6655 seconds (0.1#10.140)