Gita Wirjawan saingan berat Pramono Edhie

Sabtu, 31 Agustus 2013 - 06:14 WIB
Gita Wirjawan saingan berat Pramono Edhie
Gita Wirjawan saingan berat Pramono Edhie
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menjadi sangingan berat anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo, dalam Konvensi Capres Partai Demokrat 2014.

Pengamat Politik dari Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahudin mengatakan, Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Pramono Edhie Wibowo adalah peserta konvensi yang paling berpeluang memenangkan konvensi.

"Ini kan sudah jauh-jauh juga diprediksi oleh publik," ujar Said kepada Sindonews melalui pesan singkat, Sabtu (31/8/2013).

Alasannya, kata dia, karena Pramono adalah adik ipar Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang tak lain sebagai pemegang kendali Konvensi Capres Partai Demokrat.

"Sebab oleh sebagian masyarakat, Presiden kita itu kadung dicap sebagai penguasa yang hendak melanggengkan kekuasaan melalui sanak keluarganya," katanya.

Stigma itu, lanjut dia, sebetulnya tidak berlebihan juga jika berkaca pada kepengurusan Partai Demokrat, dimana SBY menjabat sebagai Ketua Umum, dan Edhie Baskoro (Ibas) anaknya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai.

"Yang demikian itu baru pertama kalinya terjadi sepanjang sejarah partai politik kita," ucapnya.

Lebih dari itu, SBY tentu ingin tenang pasca tidak lagi menjabat sebagai Presiden nantinya. Sehingga dia menginginkan pihak keluarganya memegang kendali partai politik tirani ini, dari gangguan pihak lain.

Kendati demikian, dalam hal konstelasi politik diujung konvensi nanti ternyata tidak menguntungkan bagi Partai Demokrat apabila mencapreskan Pramono Edhie Wibowo.

"Saya memprediksi Gita Wirjawan yang akan dijadikan pengganti Pramono. Sudah menjadi rahasia umum bahwa hubungan SBY dan Gita selama ini terjalin cukup spesial," imbuhnya.

Terlebih, papar dia, Gita disebut-sebut sebagai salah seorang dari luar Partai Demokrat yang sangat dekat dengan SBY didalam Kabinet.

"Intinya SBY perlu orang yang bisa ia percaya. Dan dari 11 kandidat yang ada, saya menduga Gita menjadi orang yang dipercaya oleh SBY," pungkasnya.
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6096 seconds (0.1#10.140)