Pramono Edhie diprediksi menangkan konvensi

Sabtu, 31 Agustus 2013 - 01:00 WIB
Pramono Edhie diprediksi menangkan konvensi
Pramono Edhie diprediksi menangkan konvensi
A A A
Sindonews.com - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat diprediksi kuat sebagai pemenang Konvensi Calon Presiden (Capres) Partai Demokrat. Hubungan kekeluargaan antara Pramono dengan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi salah satu faktor penentu utama.

"Tidak sulit menebak pemenang konvensi ini, kemungkinan besar Pramono Edhie Wibowo," ujar Pengamat Politik dari Universitas Airlangga Haryadi, kepada Sindonews, Sabtu (31/8/2013).

Meski mekanisme penjaringan Capres Demokrat ini dilakukan secara semi terbuka, dengan mengundang 15 tokoh nasional yang dipandang Demokrat mumpuni sebagai capres. Namun hanya 11 tokoh yang bersedia mengikuti ajang tersebut.

Mereka yang mengundurkan diri adalah tokoh besar yang note bene kerap menghiasai urutan atas hasil survei capres terpopuler dan elektabilitas tinggi, yakni mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, mantan Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih, dan CEO PT Lion Air Rusdi Kirana.

Haryadi menilai 11 tokoh yang mengikuti Konvensi Capres Demokrat tidak memiliki elektabilitas dan popularitas yang mumpuni untuk diusung sebagai capres dari partai penguasa dua periode pemerintahan secara berturut saat ini.

"Peserta konvensi elektabilitasnya kecil dan agak sulit diangkat, siapapun diantara mereka akan agak sulit untuk diangkat. Mungkin saja yang punya elektabilitas lumayan Dahlan Iskan, tapi itu kecil," ucap Haryadi.

Sehingga menurutnya konvensi ini digelar untuk memunculkan satu nama yang sudah dirancang sebelumnya. "Agak sulit menghindar dari konvensi yang mekanismenya untuk memunculkan satu nama yang sudah dirancang jauh sebelumnya yaitu Pramono Edhie Wibowo," tandas dia.

Terlebih peserta konvensi akan menghadapi sesi wawancara dengan Presiden yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat SBY. Pramono sebagai adik ipar SBY jelas memiliki kedekatan yang dilandasi hubungan kekeluargaan.

"Sehingga bagi saya bukan sesuatu yang aneh, tapi sudah bisa diduga pemenangnya," kata dia.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Komite Konvensi Capres Partai Demokrat telah menetapkan 11 kandidat capres yakni:

1. Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Pramono Edhie Wibowo
2. Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Marzuki Alie
3. Menteri BUMN Dahlan Iskan
4. Menteri Perdagangan Gita Wirjawan
5. Duta Besar RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal
6. Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang
7. Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan
8. Anggota Badan Pemeriksa Keuangan Ali Masykur Musa
9. Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman
10. Ketua Dewan Perwakilan Daerah Hayono Isman
11. Mantan Penglima TNI Endriartono Sutanto
(lal)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6386 seconds (0.1#10.140)