Wacana lapas khusus teroris perlu sistem yang jelas

Kamis, 29 Agustus 2013 - 19:33 WIB
Wacana lapas khusus teroris perlu sistem yang jelas
Wacana lapas khusus teroris perlu sistem yang jelas
A A A
Sindonews.com - Munculnya wacana untuk membangun Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) khusus teroris, tak mendapat tanggapan positif dari kalangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Ketua Komite I DPD RI Alirman Sori mengungkapkan, pada dasarnya wacana pembangunan lapas khusus untuk teroris itu bagus, namun perlu juga dikaji ulang oleh pihak terkait.

Menurutnya, ada dampak positif dan negatifnya jika napi teroris itu disatukan. Dampak positifnya, imbuh senator asal Sumatera Barat itu, akan mudah untuk memberikan pembinaan karena mereka berada dalam satu tempat.

"Selain itu Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) juga bisa lebih intens dalam merealisasikan program deradikalisasi," kata Aliman kepada SINDO, Kamis (29/8/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, sementara dampak negatifnya dengan adanya penyatuan itu ada juga kemungkinan mereka (teroris) akan bersatu untuk menjalankan misinya. "Misalnya adanya napi (narapidana) yang kasusnya hanya sebagai mendanai, bisa juga didoktrin untuk terlibat lebih jauh, atau hal lainnya," ujarnya.

Namun meskipun begitu, jika pihak terkait mampu untuk mengatasi hal itu tidak ada persolan untuk merealisasikan wacana itu. "Yang terpenting itu sistem dan mekanismenya harus jelas," tegasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7303 seconds (0.1#10.140)