Kesehatan ibu menentukan masa depan bangsa

Selasa, 27 Agustus 2013 - 08:01 WIB
Kesehatan ibu menentukan masa depan bangsa
Kesehatan ibu menentukan masa depan bangsa
A A A
Sindonews.com - Direktur Utama (Dirut) Pertamina Karen Agustiawan mengatakan, salah satu unsur terpenting dalam pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa ialah kesehatan.

Menurutnya kesehatan menjadi tantangan bersama untuk semua stakeholder atau seluruh pihak, dalam mengupayakan perbaikan.

"Terutama kesehatan ibu dan kaum hawa (perempuan) pada umumnya, membutuhkan perhatian serius, karena sangat menentukan bagi kelangsungan hidup bangsa ini ke depan," tandasnya saat ditemui di Jakarta, Senin (26/8/2013).

Lanjut dia, saat ini salah satu tantangan yang dihadapi pemerintah terkait dengan kesehatan perempuan adalah upaya mengatasi ancaman penyakit kanker payudara. Saat ini kanker payudara hingga kini merupakan kanker pembunuh nomor satu di Indonesia.

"Agar bantuan tersebut dapat dioptimalkan dengan sebaik mungkin agar memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia,” tutur Karen.

Sebelumnya, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan Anak (Menag PP dan PA) Linda Amalia Sari Gumelar sekaligus menjadi Pembina Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta mengatakan, pihaknya memberikan bantuan mobil mamografi.

Linda menjelaskan, pemberian bantuan ini bertujuan, untuk memberikan pelayanan pada masyarakat untuk mendukung program nasional deteksi dini kanker payudara dan leher rahim (kanker servik)

Menurut dia, selanjutnya akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat umum. Selain itu juga mencegah terjadinya stadium di tengah masyarakat yang terinfeksi. "Lakukan antisipasi lebih baik terutama kepada masyarakat yang terkena kanker payudara," kata Linda Gumelar.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4349 seconds (0.1#10.140)