Psikologi pengaruhi gaya kepemimpinan

Minggu, 25 Agustus 2013 - 18:19 WIB
Psikologi pengaruhi gaya kepemimpinan
Psikologi pengaruhi gaya kepemimpinan
A A A
Sindonews.com - Kondisi psikologi masyarakat dunia saat ini mengalami kecenderungan mudah depresi dan stres. Hal itu disebabkan telah hilangnya rasa kebahagiaan dan kkesejahteraan secara psikologi oleh masyarakat dunia, termasuk masyarakat Indonesia.

Peneliti asal Zhejiang University China Hora Tjitra mengatakan, budaya dan kondisi keragaman masyarakat termasuk faktor yang mempengaruhi secara psikologi gaya kepemimpinan seseorang.

Hal ini dibuktikannya melalui penelitian pada para pemimpin perusahaan di kedua negara, dimana kebahagiaan menjadi hal utama bagi masyarakat Indonesia. "Meskipun sama-sama berada di benua Asia, gaya kepemimpinan masyarakat Indonesia berbeda dengan China," katanya, dalam Southeast Asia Psychology International Seminar (SAPIC) 2013 di auditorium UAD, Yogyakarta, Minggu (25/8/2013).

"Gaya kepemimpinan Indonesia lebih fokus pada kekuatan bagaimana caranya menciptakan iklim bekerja yang baik dan kepedulian terhadap para pekerja. Sedangkan pemimpin asal China lebih pada berupaya memotivasi para pekerjanya agar bekerja lebih giat lagi," jelasnya.

Menurut Hora, orang Indonesia yakin seorang pekerja yang produktif merupakan pekerja yang penuh dengan kebahagiaan. "Dan untuk orang China, pekerja dikatakan sukses jika mampu mencapai tujuan yang telah ditentukan, mengontrol diri dari hasil indikator pekerjaan dan menjadikan hukuman serta penghargaan sebagai penyemangat kerja," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1053 seconds (0.1#10.140)